Harga Suzuki Address 110, Review & Spesifikasi Februari 2017

Harga Suzuki Address 110 dan Spesifikasi – Produsen otomotif asal Jepang Suzuki meluncurkan produk terbarunya pada segmen motor matic, yang bertajuk Suzuki Address 110. Motor matic terbaru garapan Suzuki ini sebenarnya merupakan generasi penerus dari Suzuki Next FI yang kabarnya tak akan diproduksi lagi. Selain itu, Suzuki Address 110 yang sebelumnya resmi diperkenalkan pada ajang IMOS di bulan November 2014 lalu ini memang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan sebuah motor matic praktis dan mengusung spesifikasi mumpuni namun tetap dengan banderol yang cukup terjangkau. Selain itu, dengan hadirnya Suzuki Address 110 di kancah pasar otomotif Tanah Air, tentu akan semakin memperketat persaingan di antara produsen otomotif. Nah, kira-kira apa saja sih keunggulan yang dimiliki Suzuki Address 110 ini? Penasaran bukan?

Suzuki Address 110

Suzuki Address 110

Jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya, Suzuki Address 110 ini bisa dibilang cukup banyak sekali perubahan yang dilakukan pihak Suzuki. Perubahan yang sangat terlihat yaitu pada sektor desain yang diterapkan pada motor skuter matic ini di mana terlihat lebih matang dibandingkan dengan produk skutik Suzuki generasi sebelumnya. Perubahan lainnya adalah ukuran Suzuki Address 110 yang terlihat lebih menggembung dari pada produk skuter matic mereka sebelumnya. Namun dengan ukuran yang makin besar ada kelebihan yang ditawarkan oleh motor skuter matic yang satu ini. Selain itu, dengan mengusung mesin berkapasitas 113cc dan dilengkapi dengan beberapa fitur canggih dan menarik Suzuki Address 110 ini siap menjadi pilihan terbaik bagi para konsumen di Indonesia. Sehingga dengan kelebihan tersebut membuat Suzuki lebih optimis lagi dalam menatap persaingan dalam penjualan motor skuter matic yang begitu sengit di Tanah Air. Nah, unutk lebih jelasnya, marilah kita simak bersama ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Suzuki Address 110 pada segmen-segmen di bawah ini.

Motor Suzuki Address 110

Review Suzuki Address 110

Desain

Desain Simple dan Slim Tampilkan Kesan “Easy Looking”

Advertisement

Untuk memulai pembahasan kali ini Mas Sena akan mengawalinya dengan mengulas sisi desain atau tampilan terluar pada spesifikasi Suzuki Address 110. Untuk sektor eksterior atau tampilan desain dari motor matic ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan motor matic Suzuki generasi sebelumnya yaitu Suzuki Next FI. Namun dengan ukuran yang lebih besar tetap tidak menghilangkan kesan yang ramping “Slim” seperti Suzuki Nex sebelumnya. Terlihat lekukan body yang begitu simple dan tegas membuat motor matic Suzuki ini begitu enak dipandang “Easy Looking”. Selain itu, jika melihat pada sisi depannya,  Suzuki Address 110 mempunyai tampilan seperti motor bebek Suzuki Axelo dan Suzuki Shooter yang mana bagian lampu utama atau head lamp berada pada bagian stang di depannya yang terlihat begitu mungil dan menonjol. Namun, dengan desain head lamp tersebut, justru akan semakin memberikan penerangan yang maksimal dan lebih optimal kepada penggemudinya. Bahkan, pada lampu sein Suzuki Address 110 pun memiliki bentuk desain yang sipit dan berkesan “Facelift” serta terlihat begitu proporsional jika dilihat dari bagian depannya. Apalagi, motif striping keren yang turut melengkapinya, membuatnya tampil kian menarik dan begitu menggoda. Sementara itu, pada bagian belakang dari Suzuki Address 110 dilengkapi dengan dua lampu sein yang tampak seperti mata yang menghadap ke belakang. Kemudian pada jok motor pun dibuat dari bahan busa tebal yang terbungkus material berbahan kulit pilihan di mana didesain khusus yang akan membuat posisi riding pengemudi menjadi sedikit rendah daripada penumpangnya sehingga membuat kondisi motor ketika berjalan lebih stabil. Selain itu, di bawah jok juga memiliki kapasitas penampungan bahan bakar berkapasitas 5.2 liter yang diklaim mampu melakukan perjalanan yang panjang hingga jarak 256 Km dalam kondisi tangki yang penuh. Di sisi lain, pada jok yang terbuat dari material lembut tersebut juga terdapat garis tegas menyirip yang semakin mempercantik tampilan spesifikasi Suzuki Address 110 ini.

Spesifikasi Suzuki Address 110

Speedometer

Panel Indikator Analog dengan Desain Simple Namun Tetap Informatif

Beralih pada segmen beriktnya, kali ini Mas Sena akan membahas pada sektor panel indiaktor dari spesifikasi Suzuki Address 110. Pada sektor panel instrument indiaktor dari motor matic besutan Suzuki ini memang didesain simpel namun tetap tampil stylish dan modern meskipun masih mengandalkan tipe panel analog. Di sisi lain, pada panel tersebut memiliki beberapa indikator lengkap yang siap memberikan informasi secara akurat kepada pengemudi Suzuki Address 110 ini. Beberapa indikator yang akan ditampilkan pada panel instrument ini antara lain seperti indikator kecepatan, trip meter, indikator bahan bakar, indiaktor FI, indikator lampu sein serta lampu utama. Dengan adanya beberapa informasi yang ditampilkan pada panel instrument dari Suzuki Address 110 tersebut tampaknya memang sudah dirasa cukup untuk memantau dan mengetahui kondisi motor matic ini pada saat dikendarai. Sehingga, tak heran meski belum mengandalkan panel digital seperti pada skutik modern saat ini namun spesifikasi Suzuki Address 110 ini tetap menampilkan instrument indikator yang cukup informatif dan mudah dipahami oleh pengemudinya.

Spesifikasi Motor Suzuki Address 110

Dimensi

Dimensi Mungil Mudahkan Pengemudi dalam Bermanuver

Menginjak pada pembahasan berikutnya, kini kita akan mengulas pada sektor dimensi dari spesiifkasi Suzuki Address 110. Seperti yang sudah dikatakan di atas, motor matic besutan Suzuki ini memiliki bentuk tampilan desain simpel dan mungil. Tentu saja hal tersebut tak lepas dari ukuran dimensi pembentuknya. Pasalnya, Suzuki Address 110 ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 1.845 mm, lebarnya 665 mm, tinggi jok 755 mm dan jarak sumbu roda sejauh 1.260 mm serta memiliki bobot yang hanya mencapai 95 Kg. Mengetahui dimensi dan bobot tersebut maka wajar jika motor matic stylish garapan Suzuki ini akan terasa ringan dan mudah untuk dikendalikan sehingga membuat motor matic ini lebih lincah ketika diajak manuver. Selain itu, Suzuki Address 110 ini juga memiliki ground clearance dengan ukuran 120 mm yang dinilai cukup tinggi jika diukur dari tanah sehingga akan memudahkan pengemudinya dalam mengendarai motor matic ini ketika melewati jalan yang tak rata atau penuh polisi tidur. Mengetahui dimensi tersebut maka bisa dipastikan bahwa Suzuki Address 110 ini akan mudah dikendarai dan dikendalikan pengemudinya.

Review Suzuki Address 110

Suspensi

Kaki-Kaki Kokoh Disokong Suspensi Handal dan Pengereman Sempurna

Tak hanya mesin dan dimensinya saja yang diperhatikan Suzuki melainkan spesifikasi Suzuki Address 110 ini juga dibekali dengan suspensi kokoh dan kuat. Pada suspensi depan, Suzuki mengandalkan tipe Telescopic, coil spring, oil damped. Sementara itu, pada bagian belakang akan dilengkapi dengan tipe Swingarm coil spring oil damped di mana kedua suspensi pada Suzuki Address 110 ini akan membuat pengemudi maupun penumpangnya tetap merasa nyaman meski melewati jalanan yang berlubang atau pun terjal. Bahkan, dengan adanya suspensi tersebut maka tingkat keseimbangan motor matic ini menjadi lebih tinggi. Apalagi, pabrikan asal Negeri Sakura ini melengkapinya dengan velg bergaya Racing dan ban berukuran besar 80/90-14 M/C 40P pada bagian depan Suzuki Address 110 ini. Sedangkan pada bagian belakangnya menggunakan ukuran 90/90-14 M/C 46P. Tak ketinggalan pula, pengereman disc brake dan tromol pun juga ikut serta menyokong sistem kemanan berkendara. Sehingga, dengan adanya bagian-bagian itu tadi, pengguna lebih bebas melakukan manuver serta bisa menghentikan laju kendaraan dengan tepat. Tapi perlu diketahui bahwa pengguna tetap harus hati-hati mengingat sistem pengereman dari spesifikasi Suzuki Address 110 ini belum disematkan fitur ABS sehingga pengereman terasa kurang maksimal ketika kondisi hujan maupun saat dilakukan secara mendadak.

Harga Motor Suzuki Address 110

Mesin

Motor Matic dengan Mesin Berkapasitas 113cc Tipe SOHC Silinder Tunggal

Saatnya kita beralih pada sektor dapur pacunya yang mempnyai fungsi sebagai mesin penggerak motor ini. Spesifikasi Suzuki Address 110 ini mengusung mesin silinder tunggal SOHC berkapasitas 113cc 4 stroke bertransmisi otomatis dengan rasio kompresi pembakaran 9,4:1 serta berpendingin udara yang diperkirakan akan memberikan power hingga 8-9 Ps dan torsi hingga 8 Nm. Dengan mesin tersebut, tentu akan membuat motor matic besutan Suzuki ini lebih lincah dan bertenaga dibandingkan dengan motor matic Suzuki generasi sebelumnya. Tak sampai di situ saja, untuk sistem pemasokan bahan bakar Suzuki Address 110 ini mengandalkan teknologi Fuel Injection yang akan membuat sistem pembakaran makin sempurna, irit dan ramah lingkungan. Di sisi lain, tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut nantinya akan disalurkan ke ban belakang dengan menggunakan sistem transmisi jenis CVT untuk menggerakan motor. Di samping itu, untuk konsumsi bahan bakar, Suzuki Address 110 ini terbilang cukup irit sekelas motor skuter matic di Indonesia. Pasalnya, dengan 1 liter bensin yang dituangkan ke dalam tangki bahan bakarnya, diklaim mampu menembus jarak maksimal hingga 66.52 Km. Namun pengetesan tersebut menggunakan gaya eco riding, jika tidak menggunakan gaya eco riding diperkirakan hanya dapat tembus hingga 52 Km/Liter. Bahkan menutur data ECER40, spesifikasi Suzuki Address 110 ini memiliki tingkat efisiensi pembakaran yang terbilang efisien jika dibandingkan dengan motor skutik di kelasnya.

Fitur

Dibekali Kelengkapan Fitur Jamin Keselamatan dan Kenyamanan

Nah, menginjak pada segmen ini, Mas Sena akan mengulas beberapa fitur yang disematkan pada spesifikasi Suzuki Address 110. Terkait dnegan fitur kelengkapan, ada beberapa fitur fungsional yang dimiliki motor matic besutan Suzuki ini. Pertama, kawan Mas Sena akan disuguhkan bagasi dengan kapasitas yang cukup luas, yaitu 20.6 liter di mana mampu menampung banyak barang bawaan. Selain itu, untuk menunjang fungsionalitas maka Suzuki Address 110 ini pun juga dibekali fitur kunci utama dengan pembuka jok. Di sisi lain, fitur rear brake lock system pun juga turut disematkan untuk menahan laju motor ketika berhenti di jalan yang sedikit menanjak sehingga pengemudi tak perlu menekan rem. Tak sampai di situ saja, Suzuki Address 110 ini juga dilengkapi dengan rear carrier sebagai aksesoris tambahan pada pegangan belakang penumpang yang memungkinkan dapat dipasangi bagasi belakang dan akan dapat menampung barang yang lebih banyak pada saat menempuh perjalanan panjang seperti pulang kampung ataupun touring. Bagaimana kawan, cukup lengkap kan fitur-fitur yang ada pada spesifikasi Suzuki Address 110 ini?

Spesifikasi Suzuki Address 110

Mesin
TipeSingle cylinder, 4-stroke, sohc, air-cooled
Kapasitas Silinder113cc
Rasio Kompresi9.4 : 1
Sistem Bahan BakarFuel Injection
PengapianElectronic ignition (transistorised)
LubrikasiWet Sump
Sistem TransmisiCVT
Diameter x Langkah51.0mm x 55.2mm
StarterElectric
Daya Maksimum6.70kW @ 8000rpm
Torsi Maksimum8.60N.m @ 6000rpm
Dimensi
P x L x T1845mm x 665mm x 1095mm
Jarak Terendah120mm
Jarak Sumbu Roda1260mm
Tinggi Jok755mm
Kapasitas Tangki5.2litres
Berat Kotor97.0kg
Kaki-kaki
Suspensi DepanTelescopic, coil spring, oil damped
Suspensi BelakangSwingarm type, coil spring, oil damped
Rem DepanDisc brake
Rem BelakangDrum brake
Ban Depan80/90-14 M/C 40P
Ban Belakang90/90-14 M/C 46P
Fitur
Tangki bahan bakar yang besar dan efisiensi bahan bakar yang tinggi
Dimensi ramping
Kunci dengan pembuka jok
Bagasi luas
Rear brake lock system

Harga Suzuki Address 110

Setelah kita mengulas satu per satu spesifikasi dari motor matic besutan Suzuki pada segmen di atas, kini saatnya Mas Sena untuk mengulas harga Suzuki Address 110 terbaru yang dijual di pasar otomotif Indoensia. Akan tetapi, sebelumnya perlu diketahui bahwa motor skutik besutan Suzuki ini memiliki mesin 113cc berteknologi SOHC yang bisa dibilang handal untuk menunjang kebutuhan aktivitas sehari-hari. Selain itu, Suzuki Address 110 ini juga memiliki dimensi yang terbilang cukup ramping dan ringan sehingga dengan dimensi tersebut membuat motor ini cukup tangguh untuk memecah jalanan perkotaan. Selain itu, rasio pembakaran yang tidak terlalu tinggi pun akan menghasilkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan efisien. Dengan harga Suzuki Address 110 ini yang akan dibanderol tidak sampai 20 juta, motor ini memang diciptakan untuk mengkonsumsi bahan bakar beroktan 88 yang banyak tersedia di Indonesia. Apalagi dengan hadirnya berbagai macam fitur yang menjadikan nilai plus pada motor ini. Lalu berapakah harga Suzuki Address 110 terbaru yang dipasarkan di Indonesia?

Harga Suzuki Address 110

Harga Suzuki Address 110 Terbaru

Tampaknya, untuk memboyong motor matic besutan Suzuki ini tak harus merogoh kocek terlalu dalam. Pasalnya, berdasarkan informasi yang telah Mas Sena dapatkan dari situs resmi Suzuki Indoneia, harga Suzuki Address 110 ini dibanderol seharga Rp 14.570.000,-. Tentu saja, banderol untuk memboyong motor matic besutan Suzuki tesebut bisa dimasukkan dalam kategori harga yang murah bukan? Namun, perlu diketahui bahwa harga tersebut merupakan harga OTR untuk wilayah Jakarta saja. Sehingga, sangat dimungkinkan jika harga Suzuki Address 110 ini nantinya akan berbeda dan cenderung sedikit mahal ketika dijual di luar wilayah OTR tersebut. Di sisi lain, Suzuki juga menawarkan beberapa pilihan warna yang cukup menarik, antara lain Stronger Red – Titan Black, Titan Black, Brilliant White, Ice Silver (Address Elegant), dan Brilliant White (Address Elegant LG). Warna-warna yang disediakan pada Suzuki Address 110 tersebut tentu akan membuat tampilan motor matic ini menjadi lebih menarik. Namun sayangnya, diketahui bahwa warna-warna yang disediakan tersebut nampaknya akan mempengaruhi fluktuasi harga Suzuki Address 110 ini.

Harga Suzuki Address 110
Rp. 14.570.000,-

Catatan : 

  • Harga Motor Suzuki Address 110 diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Suzuki Address 110
Advertisement

Nah, jika membandingkan antara harga Suzuki Address 110 dan spesifikasi yang dibawanya, tentu harga tersebut dinilai sudah sesuai dan terbilang cukup terjangkau. Terjangkaunya harga tersebut juga tak lepas dari masih digunakannya teknologi fuel injection yang dinilai masih di bawah teknologi terbaru Yamaha Blue Core yang sekarang menjadi tren. Tetapi hal itu tidak terlalu berpengaruh pada Suzuki Address 110 ini karena dengan kubikasi mesin yang kecil tidak akan banyak dalam konsumsi bahan bakarnya. Apalagi dengan fitur-fitur menarik yang ditanamkan pada kuda besi matic besutan Suzuki ini dan harga Suzuki Address 110 yang terbilang terjangkau semakin menambah daya tarik dari motor matic ini. Nah, setelah membaca spesifikasi dan harga yang di tawarkan motor matic terbaru besutan Suzuki ini apakah kawan-kawan mulai tertarik untuk meboyongnya ke garasi rumah? Nah itulah tadi ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Suzuki Address 110. Semoga ulasan yang Mas Sena sampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk dijadikan referensi Anda dalam memilih produk otomotif terbaru. Jangan lupa baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Honda Vario 110 dan Yamaha Aerox 125.

  • Iman Santoso

    sebenarnya isi olie besin itu 800 atau 650 cc kah . . ? taikan awal berat dan nglitik . . walau pakai Pertamax . . setelah sy ganti Pertamax plus barulah bisa mengurang nglitik dan akselerasi awalnya bisa lebbih baik , jadi memerlukan oktan lebih tinggi . .

  • Iman Santoso

    saya baru memakai Address sebulan , baru servis pertama di 500 dan sekarang sudah 700 km . . memang bensin telah saya cek dengan mengisi penuh sampai mengisi bensin penuh lagi berapa liter dan di begi dengan jarak tempuh . . terdapat sekitar 1lt : 50 km . .an .tolong beritahu saya soal isi /volume Olie mesin di 081319383735 . . atau BBM 7CDD4C57 . . makasih . .

  • DaJo

    hmm.

Top