Kerak Menumpuk Penyebab Boros!

Kerak Menumpuk Penyebab Boros! – Mesin adalah bagian yang terpenting pada kendaraan bermotor. Karena dengan mesin maka kendaraan akan dapat bergerak dan dibawa berkendara kemana-mana. Didalam mesin terdapat ruang bakar yang akan memproses pembakaran bahan bakar dan akan dijadikan sebagai tenaga untuk menggerakkan kendaraan. Maka dari itu ruang bakar adalah bagian terpenting yang harus dijaga dan dirawat secara berkala agar kondisi motor tetap terjaga selalu.

Karak Penyebab Boros

Sejalan dengan “Engine hour” yang diakibatkan oleh lamanya berkendara maka akn menimbulkan residu karbon yang menumpuk di ruang bakar mesin. Hal tersebut biasanya dikarenakan oleh perawatan yang asal-asalan. Karena perawatan yang asal-asalan akan menyebabkan kotornya mesin yang bisa menyebabkan masuknya kotoran keruang bakar. Di indonesia sendiri penyebab lain kerak atau carbon yang timbul diruang pembakaran dikarenakan konsumsi bensin dengan oktan rendah yang mempunyai kadar timbal yang cukup sering ditemukan.

Jika tidak dibersihkan secara berkala maka akan menimbulkan kerak karbon pada ruang bakar sehingga akan menggangg proses pembakaran dari sebuah kendaraan bermesin. Nah jika hal tersebut terjadi bisa dipastikan macam-macam masalah akan timbul. Mulai dari tenaga mesin yang mulai loyo, cepat panas sampai dengan borosnya konsumsi bahan bakar kendaraan.

Hal yang harus dilakukan yaitu service dan bersihkan secara berkala. Selalu perhatikan kondisi busi maupun filter udara. Karena kedua benda tersebut sangat mempengaruhi pembakaran yang sempurna. Jika kondisi busi sudah berkerak maka akan menghasilkan percikan api yang tidak baik sehingga pembakarannya tersendat. Sedangkan kondisi filter udara yang kotor akan mempengaruhi penyuplaian oksigen kedalam ruang pembakaran dengan kualitas buruk sehingga akan menimbulkan kerak pada kepala seher atau silinder.

Pada umumnya jika pengendara mematuhi buku pedoman service yang ada maka kinerja mesin akan selalu prima, optimal dan irit bahan bakar. Selain itu pengendara juga dapat membersihkan ruang bakar dengan “Carbon Cleaner” yang banyak tersedia di pasaran otomotif seluruh daerah. Jika tidak menggunakan carbon cleaner, anda juga dapat menggunakan bahan bakar beroktan tinggi minimal 92 untuk membersihkan ruang bakar. Nah itulah informasi dari Mas Sena mengenai kerak yang menyebabkan boros bahan bakar. Semoga bermanfaat ya brader dan sista sekalian. Baca juga Mio Blue Core ‘Copot’ Teknologi YMJET-FI dan Yamaha Mio 125 Blue Core diluncurkan.

Top