Nyaris Terguling Saat Dites, Hilux Diperbaiki

Toyota Perbaiki Kelemahan Hilux Agar Tak Mudah Terguling – Hilux, selama ini memang diketahui sebagai mobil double cabin yang menjadi andalan pabrikan Toyota. Mobil tersebut juga dikenal sebagai salah satu kendaraan paling tangguh yang ada di dunia.

Toyota Perbaiki Kelemahan Hilux Agar Tak Mudah Terguling

Akan tetapi, popularitas Hilux ini tampaknya terganggu dengan hasil “Moose Test” yang didapatkannya. Tes ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan bermanuver sebuah mobil ketika menghindari rintangan. Dalam tes tersebut, Hilux ternyata harus menelan kegagalan sebanyak 2 kali.

Toyota Hilux sendiri mengikuti tes ini untuk pertama kalinya pada tahun 2007 yang lalu. Pada pengujian tersebut, Hilux terlihat nyaris terguling saat sedang bermanuver secara mendadak, padahal lawan-lawannya mampu menyelesaikan rintangan dengan baik.

Pengujian yang sama dilakukan kembali pada Hilux di bulan September 2016 lalu oleh tim dari Teknikens Varld dan mobil pun ternyata masih menunjukkan kegagalan yang sama karena hampir terguling saat melaju dengan kecepatan 60 km/jam.

separator

Sebagai akibatnya, Toyota memiliki rencana untuk menghentikan penjualan Hilux yang memiliki pelek 18 inci, seperti mobil yang dipakai pada pengujian manuver secara independen itu.

Pihak Toyota memang sepertinya cukup malu dengan kegagalan yang menimpa mobilnya tersebut. Berkaca pada pengalaman itu, teknisi dari Toyota langsung melakukan investigasi untuk mengetahui apa penyebab dari kegagalan dari mobil double cabinnya yang tidak bisa bermanuver dengan baik, meski sedang melaju dengan kecepatan yang terbilang rendah.

Dari investigasi yang dilakukannya itu, Toyota kemudian mengambil keputusan untuk meningkatkan tekanan maksimal dari ban yang dipakai oleh mobil tersebut. Toyota juga mencoba merubah algoritma pada ECU yang ada pada mobil, khususnya pada electronic stability control untuk melihat apakah hal ini bakal berpengaruh pada keseimbangan mobil.

Setelah berbagai perbaikan yang dilakukannya, pihak Toyota pun akhirnya menyatakan bahwa Hilux sudah siap untuk mengikuti kembali Moose Test sebanyak 2 kali yang akan dilaksanakan oleh tim independen sebelumnya pada tahun ini. Jika perbaikan yang dilakukan oleh Toyota berhasil dan Hilux mampu menaklukan rintangan tersebut dengan baik, maka Toyota bakal mengimplementasikan perbaikan ini pada generasi terbaru Hilux.

Top