Honda Africa Twin Kini Ada Pesaingnya

Yamaha Tengah Buat Pesaing Honda Africa Twin – Beberapa waktu lalu telah beredar sebuah rumor yang mengatakan bahwa Yamaha saat ini tengah mengembangkan produk barunya bergaya adventure bike dengan bekalan mesin tiga silinder berkapasitas 850 cc. Meskipun demikian, sampai saat ini Yamaha tampaknya memang masih enggan untuk memberikan keterangan resmi terkait rumor tersebut. Namun, jika memang benar adanya dan menjadi kenyataan maka sangat dimungkinkan bahwa motor untuk bertualang tersebut akan diberi nama XT900 Super-Tenere.

Kabar akan kehadiran dari motor ini sebagaimana yang telah dilansir dari Indianautosblog pada Selasa (7/3/2017), diperkirakan mesin yang digunakan akan sama seperti milik Yamaha MT-09 yaitu 847 cc dengan sistem pendingin liquid cooled dan mengusung teknologi DOHC. Mesin tersebut nantinya akan dihubungkan ke transmisi manual enam percepatan di mana diklaim akan mampu menghasilkan tenaga 115 ps pada 10.000 rpm dan mampu mencapai titik torsi puncak 87,5 nm pada 8.500 rpm. Bahkan, mesin itu juga digunakan oleh Yamaha Tracer 900.

Motor bergaya adventure bike yang tengah digarap Yamaha ini pun nantinya akan menggunakan rangka CF aluminium dari Tracer. Kemudian ada kemungkinan juga motor ini bakal mendapat beragam fitur unggul dan canggih seperti assist and slipper clutch, tangki bahan bakar yang dibuat lebih besar, dan lampu utama berteknologi LED. Akan tetapi, sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti, motor tersebut akan dipasarkan ke negara mana saja. Yang jelas, kehadirannya akan semakin menambah pilihan bagi para konsumen penggemar motor adventure.

Apabila proyek ini benar-benar berjalan, maka pabrikan sepeda motor asal Jepang itu akan bersaing ketat dengan motor petualang besutan Honda, seperti Honda Africa Twin. Bahkan, beberapa motor lain seperti Tiger range, dan BMW GS pun tampaknya juga bakal menjadi pesaing yang cukup berat. Kita tunggu saja kehadrian motor adventure besutan Yamaha ini.

Top