Arab Saudi Doyan Mobil Toyota Buatan Indonesia

Toyota Buatan Indonesia Laku di Arab Saudi – Arab Saudi adalah salah satu negara pengimpor terbesar dan setia Toyota dari Indonesia. Negara ini rutin meminta kiriman tiga model yaitu Innova, Vios, dan juga Fortuner sejak 2013 lalu. Negara dengan kekayaan minyak itu sekaligus menjadi importir terbesar Toyota dari negara Indonesia untuk wilayah timur tengah. Dari angka itu 50 persennya Arab Saudi.

Fakta itu ternyata dicapai TMMIN tak semudah membalikan telapak tangan. Menebus pasar Timur Tengah, khususnya Arab Saudi harus melewati perjuangan khusus. Karena pasar disana sangat sensitif terhadap kualitas. Intinya adalah terus berusaha meyakinkan Arab Saudi bahwa kualitas mobil keluaran TMMIN sudah berstandar global.

“Konsumen Arab Saudi begitu tahu produk dari indonesia, mengecek sampai pakai kaca pembesar, kalau produk dari Jepang mungkin tak akan sesensitif ini. Pertanyaannya saat itu, Indonesia kok bisa ekspor mobil?” ujar Edward.

Sampai akhirnya pengimpor Toyota dari Arab Saudi diundang TMMIN untuk melihat proses produksi di Indonesia. Ternyata menurut Edward mereka tidak menyangka ternyata di Indonesia ada pabrik mobil sebesar milik TMMIN dengan sistem produksi global. Dengan adanya pengecekan dan melihat pabrik TMMIN sebesar dan berstandar global kepercayaan pun meningkat dan model yang di ekspor pun bertambah.

separator

Mengenai spesifikasi permintaan konsumen Arab Saudi dan Timur Tengah cukup berbeda, disesuaikan dengan iklim. Meskipun model kedua negara tersebut sama biasanya mesin minta yang berkualitas besar V6. Selain tenaga lebih tangguh, perbandingan kabin juga harus baik, menangkal cuaca panas yang sampai tembus di atas rata-rata.

TMMIN tahun ini berhasil menggapai ekspor 1.065.100 unit. pencapaian itu dihitung sejak tahun 1987 sampai Januari 2017. Mobil produksi Indonesia yang pertama kali diterima pasar dunia adalah Kijang Super atau Kijang Generasi ke-3 yang di lempar ke Brunei Darussalam dan sejumlah negara Asia Pasifik.

Top