Siap-siap!! Taksi Online Bakal Ditandai

Taksi Online Akan Ditandai – Di era yang serba canggih seperti saat ini, memang perkembangan teknologi tidak dapat ditolak lagi termasuk dalam sistem transportasi. Maraknya kendaraan umum berbasis online yang tersebar diberbagai kota besar di Indonesia memang memiliki dua sisi yang berbeda. Disisi positif tentu kehadirannya tentu memudahkan masyarakat dalam mendapatkan transportasi umum tanpa harus repot, selain itu juga membuka lapangan kerja baru bagi mereka si penyedia jasa. Namun efek negatif yang ditimbulkannya pun tak main-main. Mulai dari konflik sosial dengan para pengemudi dan pengelola transportasi umum konvensional hingga bertentangan dengan peraturan pemerintah.

Taksi Online Akan Ditandai

Terkait hal tersebut pemerintah memang telah membuat beberapa peraturan yang mengatur tentang adanya transportasi online tersebut. Pada Jumat 10/3/2017 yang lalu di Makasar, Kementrian Perhubungan resmi melakukan uji publik terkait revisi Peraturan Menteri (PM) Nomor 32 tentang taksi online.

Acara yang merupakan lanjutan dari uji publik sebelumnya yang dilakukan di Jakarta pada pertengahan Februari ini tentu menjadi angin segar bagi para pengguna ataupun penyedia jasa angkutan online.

Kemenhub menyampaikan, taksi online sebentar lagi akan memiliki tanda khusus sebagai pembeda dari transportasi konvensional. Selain itu, pada kesempatan yang sama Kemenhub juga menyampaikan pokok-pokok kajian revisi yang sebelumnya sudah dibicarakan.

Dilansir dari otomotif.kompas.com, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto mengatakan “Iya rencananya begitu, kita sudah sepakati. Kemarin di Makassar saya sudah bicara nantinya akan ada pemasangan tanda dari stiker untuk kendaraan yang dijadikan taksi online,”

Penandaan stiker tersebut nantinya akan membantu memudahkan masyarakat untuk mengenali taksi online yang notabennya menggunakan kendaraan pribadi atau tanpa plat kuning.

Hal tersebut pun sejalan dengan ubahan revisi PM mengenai jenis angkutan sewa. Dalam revisi tersebut taksi online disebut bukan lagi masuk pada kategori angkutan umum, namun angkutan sewa khusus.

Pemberian tanda stiker khusus tersebut nantinya terdiri dari dua warna, yakni putih dan biru. stiker tersebut juga dilengkapi dengan huruf “T” yang memiliki arti transportasi, serta simbol sinyal yang mengartikan bahwa taksi berbasis aplikasi.

Top