Tata Motors Ingin Bangun Pabrik di Indonesia, Ini Syaratnya

Syarat Tata Motors Bisa Bangun Pabrik di Indonesia –  bisnis otomotif di Indonesia cukup heterogen, walaupun yang tanpak dipermukaan hanya dominasi merek Jepang dan jerman saja. Selain kedua penguasa tersebut ada juga produsen mobil yang berasal dari India yaitu Tata Motors. Meski Tata Motors digencat sana-sini tetap masih bertahan sejak hadir di Indonesia sejak September 2012 lalu. Memang sampai saat ini Tata memasarkan produknya dengan mengimpor dari India namun tidak menutup kemungkinan mereka bakal membangun pabriknya di Indonesia.

“Ya tentu saja kami akan lakukan itu di disini membangun pabrik. kami sudah memiliki pabrik di Thailand, mungkin saja kami juga akan punya di Indonesia,” ujar Pangkaj Jain, Marketing Director Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI, KompasOtomotif, rabu ( 15/3/2017).

Pangkaj melanjutkan kalau dirinya tidak ingin gegabah berinvestasi, tanpa berpikir panjang. Karena bukan hal yang baik ketika Tata membuka pabrik kemudian akan tutup setelah berjalan dalam waktu yang tidak lama, misalnya saja karena performa penjualan. Kami belum tahu kapan, karena saat ini Tata lebih ingin memeperkenalkan bagaimana merek kami, memperlihatkan keuntungan saat memilih Tata, yang ujungnya akan banyak peminatnya yang menggunakan merek ini.

Untuk bisa membangun pabrik perakitan sendiri di Indonesia (Gaikindo), TMDI di 2016 berhasil memasok kendaraan 989 unit, atau turun 28,7 persen, dari tahun sebelumnya yang mencapai 1.388 unit jika dihitung rata-rata di 2016. setiap bulannya Tata menjual sekitar 82 unit. jadi untuk mencapai 800 unit perbulan, TMDI perlu menambahkan volumenya sampai 718 unit lagi.

separator

Untuk mengejar angka tersebut membutuhkan waktu, namun selagi masih terbuka kemungkinan untuk TMDI bisa mencapainya. Tata akan berusaha dan terus mengembangkan produk tersebut, diharapkan angka tersebut bisa tercapai dan bisa merealisasikan pembangunan pabrik di Indonesia. Dari segi produk, Tata Motors sudah mulai diterima baik oleh pengusaha dan pengguna di Indonesia. Produk Tata juga telah teruji di berbagai medan sehingga menjadi tumpuan.

Top