Inilah Motor Listrik Roda Tiga yang Bikin Heboh Sosmed

Motor Listrik Roda Tiga – Beberapa waktu lalu sempat heboh foto seorang ibu-ibu yang mengendarai motor roda tiga layaknya bajaj di jalanan kota Solo. Siapa sangka motor tersebut rupanya bertenaga listrik sebagai daya utamanya. Dilansir dari otomotif.liputan6.com harga motor listrik tersebut berkisar sekitar Rp 39 Juta. Motor tersebut bernama Tiger yang komponen dan spare partnya didatangkan langsung dari China dan Taiwan namun dirakit di Indonesia.

Motor Listrik Roda Tiga

Tampilannya yang sangat mirip dengan bajaj nampaknya juga sejalan dengan kapasitasnya yang mampu menampung penumpang hingga 3 orang dengan komposisi 2 penumpang dan 1 orang driver. Dimensinya pun cukup mungil dengan panjang 200 cm, lebar 100 cm dan tinggi 160 cm dengan bobot 100 kg.

Untuk sumber tenaganya motor unik yang mulai banyak bertebaran di jalanan kota Solo ini mengandalkan aki kering 60V-20 A (terdiri dari 5 buah aki) jenis Accu Sealed Lead Acid (SLA) ukuran 12 Volt 12Ah atau yang biasa disebut dengan Accu SLA 12/12. Kendaraan bisa bergerak melalui power motor / dinamo type brushless berkekuatan 800 Watt.

Untuk mengisi ulang baterai tersebut dibutuhkan daya 150 Watt. Motor listrik ini mampu menempuh jarak hingga 60 km dengan kecepatan maksimal 35 km/jam dan daya angkut 125 kg. Cara mengendarai motor listrik ini [un sama seperti mengendarai motor matik pada umumnya. Selain itu motor ini juga bisa mundur layaknya mobil.

Ezha, penjual motor listrik roda tiga ini mengatakan sampai saat ini pemakaiannya tidak diperlukan SIM, STNK, bahkan plat nomor polisi dan juga tidak perlu membayar pajak kendaraan. Hal ini tentu tidak lepas dari regulasi yang memang belum dibuat oleh pemerintah mengenai pengaturan motor ini.

Dia menambahkan “Green Car Matic ini tergolong kendaraan dengan kecepatan 35 km/jam sehingga tidak memerlukan SIM untuk mengendarainya. Meskipun dipanduan pembuatan SIM kendaraan kategori ini memerlukan SIM D tapi sampai saat ini kebijakan tersebut masih tidak berlaku”.

Dengan kehadiran motor listrik roda tiga ini dipasaran Tanah Air, tentu akan menjadikan alternatif bagi para konsumen dalam memilih kendaraan nyaman dan berbahan bakar ramah lingkungan.

Top