Harga Viar Cross X 200 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Viar Cross X 200 dan Spesifikasi – Kepopuleran motor jenis trail di Tanah Air, memancing salah satu produsen otomotif lokal meluncurkan produk terbarunya yang bertajuk Viar Cross X 200. Kehadiran motor trail besutan pabrik lokal yang resmi diluncurkan di tengah ngetren nya motor pengeruk tanah di kalangan anak muda, tentunya akan membuat motor trail Viar Cross X 200 ini semakin digandrungi oleh para konsumen berjiwa muda serta meningkatkan eksistensi Viar di kancah persaingan otomotif roda dua nasional. Bahkan sebagai motor lokal, harga Viar Cross X 200 yang akan terjangkau dan kompetitif tentunya sangat dimungkinkan bagi semua masyarakat Indonesia untuk merasakan tunggangan motor pengeruk tanah asli buatan dalam negeri ini. Selain harganya yang murah, kira-kira apa lagi ya yang menarik dari Viar Cross X 200 ini?

Viar Cross X 200

Viar Cross X 200

Tentu, selain memiliki harga yang kompetitif, Viar Cross X 200 ini juga bakal dibekali spesifikasi yang cukup mumpuni. Bahkan, kehandalan motor trail garapan pabrik lokal ini pun sudah tampak pada sisi desain fisiknya. Di mana, pabrik yang berpusat di Semarang ini akan mengusung tampilan desain yang kokoh khas motor cross pada umumnya. Selain itu, kegagahannya pun semakin diperkuat dengan komponen spesifikasi handal pada sektor dapur pacunya. Pada sektor mesin, Viar Cross X 200 ini akan dibekali mesin SOHC yang memiliki kapasitas 200cc dengan 5 percepatan manual. Sehingga, dengan dipersenjatai mesin tersebut maka tak heran jika motor trail garapan produsen otomotif lokal ini bakal mampu segala medan jalan, terutama medan off road. Tak sampai di situ saja, Viar Cross X 200 ini pun juga akan dilengkapi beberapa fitur yang cukup baik untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara serta keamanan si penumpang. Tak hanya itu saja, masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki motor trail ini. Nah, untuk mengetahui secara lebih detail, kali ini Mas Sena akan berbagi info mengenai spesifikasi dan harga Viar Cross X 200 yang tersaji pada beberapa segmen di bawah ini. Yu, kita simak ulasannya!

Motor Viar Cross X 200

Review Viar Cross X 200

Desain

Motor Cross Lokal dengan Tampilan Sporty Khas Motor Trail Modern

Oke, di awal segmen ini, Mas Sena akan memulainya dengan mengulas sisi eksterior atau penampilan fisik dari spesifikasi Viar Cross X 200. Bentuk desain yang ada pada spesifikasi motor trail garapan Viar ini, sebenarnya jika dilihat secara keseluruhan mempunyai kesan yang gahar dan kokoh sangat kental dengan desain khas motor cross pada umumnya. Bahkan, dengan livery yang atraktif dan simpel membuat motor cross buatan pabrik lokal ini semakin “Eye Cathing” atau dengan kata lain nyaman untuk dipandang dan dapat diadu tampilannya dengan motor cross buatan negara Jepang atau benua Eropa lainnya. Di sisi lain, untuk tampilan fisik secara keseluruhan Viar Cross X 200 ini terlihat juga seperti motor trail Kawasaki dengan KLX seriesnya. Lalu, untuk head lamp pada motor ini akan mengusung konsep desain Diamond Cut yang begitu simpel dan modern sehingga membuat motor trail lokal ini begitu berbeda. Selain itu, stang bertipe motor cross bars pun juga turut diterapkan pada motor ini yang akan membuat sistem kemudi Viar Cross X 200 ini bakal semakin nyaman dan mudah dalam segala kondisi sekalipun. Kemudian, pada sisi sampingnya pun tampak susunan mesin yang begitu rapi dan terlihat gagah sehingga memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi, pada jok pengemudi dan penumpangnya pun dibuat memanjang dan menyatu dengan bentuk yang menyerupai huruf “V”. Dengan begitu, maka pengemudi maupun penumpang Viar Cross X 200 ini pun tetap akan merasa nyaman meski melewati jalan yang terjal atau medan off road. Kemudian, untuk tangki bahan bakarnya didesain lebih simple sehingga hanya mampu menampung bahan bakar hingga 5.5 liter saja. Lalu, menginjak pada bagian buritannya, Viar Cross X 200 ini pun akan tampil menggoda dengan desain buritan yang meruncing ke belakang lengkap dengan stop lamp berteknologi LED yang didesain minimalis dengan gaya modern. Maka, bisa disimpulkan bahwa sektor eksterior atau fisik dari spesifikasi Viar Cross X 200 ini terbilang cukup sporty layaknya motor trail besutan pabrik luar yang modern.

Spesifikasi Viar Cross X 200

Speedometer

Dilengkapi Panel Indikator Multifungsi yang Begitu Modern dan Futuristik

Nah, menginjak pada dashboard pada spesifikasi Viar Cross X 200 ini, sobat Mas Sena akan disuguhkan tampilan instrumen indikator yang begitu lengkap dan fungsional. Pasalnya, pada panel indikator dari motor trail garapan pabrik lokal ini mengusung desain yang simple dan minimalis namun tetap informatif. Hal itu bisa dilihat dari bagian panel indikator Viar Cross X 200 ini yang mengusung panel analog di mana akan terbagi menjadi 3 bagian, yaitu kanan, kiri dan tengah. Speedometer akan terpasang pada sisi sebelah kanan dan tachometer yang akan menampilkan putaran mesin dari motor Viar Cross X 200 dalam hitungan per menit terpasang pada sisi sebelah kiri. Selain itu, pada bagian tengahnya akan ditampilkan indikator gigi atau gear position bersamaan dengan indikator lampu netral dan lampu jarak jauh. Sehingga, dengan desainnya yang cukup minimalis dan informatif ini maka bisa disimpulkan bahwa panel indikator pada spesifikasi Viar Cross X 200 ini akan mampu menampilkan informasi kepada pengemudinya terkait kondisi motor yang sedang ditunggangi secara lebih akurat dan mudah dipahami oleh pengendaranya.

Spesifikasi Motor Viar Cross X 200

Dimensi

Dimensi Pas dengan Bobot Ringan

Selain memiliki desain yang gagah dan tampak garang, spesifikasi Viar Cross X 200 ini juga memiliki dimensi yang terbilang cukup pas dan cocok. Tentu, hal tersebut dilakukan oleh pabrikan Viar guna memberikan kenyamanan dalam berkendara. Nah, terkait dengan dimensi, motor cross Viar ini akan berdiri di atas rangka yang kokoh di mana Viar Cross X 200 ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 1.980, lebarnya 880 mm, tinggi 1.305 mm dengan dengan jarak sumbu 1286 mm dan bobotnya 117 Kg. Di sisi lain, motor trail lokal ini pun juga memiliki ketinggian jok atau tempat duduk hingga 890 mm. Dengan dimensi dan bobot serta ketinggian jok yang dibawanya tersebut maka Viar Cross X 200 ini dirasa sudah sesuai dengan postur tubuh rata-rata orang Indonesia dan pastinya akan lebih mudah untuk dikendarai. Selain itu, motor ini juga memiliki ground clearance 225 mm di mana dengan ukuran setinggi itu maka akan membuatnya terlihat gagah dan tinggi. Sehingga akan sangat cocok untuk menjelajahi medan berat di pelosok-pelosok di Indonesia. Tampaknya, spesifikasi Viar Cross X 200 ini memang mengusung dimensi yang cocok dan pas untuk dikendarai.

Review Viar Cross X 200

Suspensi

Disokong Kaki-Kaki Kuat dengan Pengereman Handal

Menginjak pada pembahasan selanjutnya, Mas Sena akan membahas mengenai kaki-kaki dan fitur pengereman dari spesifikasi Viar Cross X 200. Nah, terkait dengan dimensinya yang cukup besar tersebut maka dipastikan membutuhkan sokongan yang kuat pula. Oleh sebab itu, untuk menunjang hal tersebut maka Viar pun akan melengkapi motor trail garapannya ini dengan dua suspensi kokoh yang terpasang pada bagian depan maupun bagian belakang. Untuk suspensi depan, Viar Cross X 200 akan mengandalkan tipe Upside Down serta bagian belakangnya bertipe Monoshock dengan link Uni track System. Kedua suspensi ini diklaim akan membuat motor trail ini semakin nyaman untuk menjelajah medan terjal yang sangat sulit karena memiliki tingkat peredaman getaran yang cukup baik ketika Viar Cross X 200 ini melewati medan jalan yang terjal atau bergeronjal. Selain itu, untuk memperkokoh sektor kaki-kakinya maka Viar pun akan melengkapinya dengan velg berdiameter 19 inci yang akan terbalut ban khas motor cross berukuran 70/90 19” pada bagian depan. Sementara itu, pada bagian belakangnya akan terbalut ban berukuran 90/100 16” inci yang akan membuat motor ini semakin terlihat gagah. Lalu, untuk sistem pengereman, spesifikasi Viar Cross X 200 ini menggunakan tipe disc brake pada bagian depan maupun belakang dengan ukuran yang cukup besar.

Harga Motor Viar Cross X 200

Mesin

Dibekali Mesin Handal Tipe SOHC dengan Kapasitas 198.8 cc

Nah, memasuki pada segmen berikutnya ini, Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk menilik bagian dapur pacu dari spesifikasi Viar Cross X 200. Ternyata, tak hanya pada desain dan dimensinya saja yang mendapat perhatian, pada bagian mesin pacu dari motor trail garapan produsen lokal ini pun tampaknya tak luput dari perhatian. Pasalnya, beberapa komponen mesin pacu handal pun disematkan pada sektor dapur pacu Viar Cross X 200 ini. Salah satunya yaitu dengan dibenamkannya mesin bertipe SOHC 4 langkah dengan kapasitas mesin 198.8 cc. Mesin ini diklaim bakal mampu menyemburkan tenaga yang cukup gahar, yaitu mampu mencapai titik tenaga maksimum hingga 11 kW per putaran 7.500 rpm dan mencapai puncak torsi hingga 15 Nm pada putaran ke 6.000 rpm. Tentu, dengan tenaga dan torsi tersebut akan membuat Viar Cross X 200 ini mampu melibas segala medan jalan dengan lancar dan bertenaga. Nah, tenaga yang dihasilkan mesin tersebut nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi manual 5 percepatan dengan pola posisi gigi 1-N-2-3-4-5. Selain itu, untuk sistem pengapiannya sudah berteknologi CDI-DC yang akan membuat konsumsi bahan bakar dari motor Viar Cross X 200 ini menjadi lebih optimal dan efisien. Bahkan, dengan sistem pengapian CDI arus DC tersebut maka akan membuat motor ini mudah dalam sisi perawatannya dan juga mudah untuk ditangani jika mengalami masalah pada saat menjelajah. Dengan demikian, spesifikasi Viar Cross X 200 pada sektor dapur pacunya ini bisa dibilang sangat handal dan cukup bertenaga untuk melewati berbagai medan jalan terjal.

Fitur

Berbekal Fitur Standar Demi Kenyamanan dan Keamanan

Untuk fitur-fitur pada spesifikasi Viar Cross X 200 ini memang berbeda dengan motor-motor perkotaan. Hal itu bukan tanpa alasan mengingat motor ini merupakan kendaraan roda dua dengan tipe pekerja keras yang digunakan untuk menjelajah maupun melewati jalan terjal atau pun off road. Nah, untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara maka Viar pun membekali Viar Cross X 200 ini dengan suspensi upside down pada sisi depan dan monoshock unitrack system di bagian belakang yang akan menghasilkan performa handling dan daya jelajah yang sangat handal dengan tingkat peredaman goncangan yang cukup berkualitas. Bahkan dengan dimensi ketinggian Viar Cross X 200 yang cukup tinggi membuatnya mampu menerjang banjir dengan ketinggian sedang sekalipun. Ban yang dengan desain kotak-kotak akan mampu melewati lintasan dengan cengkraman tanah yang baik pada segala macam kondisi. Nah, setelah mengetahui detail dari spesifikasi Viar Cross X 200, apakah kawan-kawan sudah mulai penasaran dengan harganya?

Spesifikasi Viar Cross X 200

Mesin
Tipe 4 Langkah, SOHC
Kapasitas 198,8 cc
Diameter x Langkah 65.5 x 59 mm
Tenaga Maksimum 11KW / 7500rpm
Torsi Maksimum 15N.m / 6000rpm
Sistem Starting Electric starter & kick stater
Gigi Transmisi 5 Kecepatan
Sistem Pengapian CDI – DC
Kopling Manual, Multiplate Wet Clutch
Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 2065 x 760 x 1115 mm
Jarak Sumbu 1350 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 225 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 5.5 Liter
Berat Kosong 117 kg
Tinggi Tempat Duduk 890 mm
Kaki-kaki
Tipe Suspensi Depan Upside Down
Tipe Suspensi Belakang Monoshock Unitrack System
Rem Depan Disc Brake
Rem Belakang Disc Brake
Ukuran Ban Depan 80/100-21
Ukuran Ban Belakang 100/100-18

Harga Viar Cross X 200

Setelah kita mengulas tentang spesifikasinya, kini waktunya Mas Sena untuk mengulas mengenai harga Viar Cross X 200. Namun, sebelum Mas Sena membeberkan harga terbaru motor buatan anak bangsa ini kepada kawan-kawan semuanya, Mas Sena akan memberikan sedikit kesimpulan untuk motor cross besutan Viar yang satu ini. Perlu diketahui bahwa motor ini memiliki desain yang sangat atraktif dengan mesin dari Viar Cross X 200 yang terlihat padat serta memiliki dimensi yang “Motor Cross” banget seperti motor trail pada umumnya akan membuatnya terlihat tangguh dan gagah. Bahkan dengan tinggi dimensi yang terhitung tinggi membuat motor ini tangguh dan handal untuk menghadapi jalanan berlumpur ataupun banjir di perkotaan. Viar Cross X 200 ini juga didukung mesin berkapasitas 200 cc yang menghasilkan daya cukup besar. Sehingga akan sangat mendukung crosser untuk menjelajah medan terjal. Suspensi yang modern pun akan membuat motor trail ini semakin nyaman dalam sisi handlingnya. Tentunya dengan kelebihan dan banderol harga Viar Cross X 200 terbaru yang dikatakan terjangkau oleh pihak Viar akan membuat pecinta otomotif khususnya pecinta dunia off-road ataupun cross di Indonesia melirik kepada motor cross buah karya anak bangsa ini. Lalu, dengan segala keunggulannya tersebut, berapa ya harga Viar Cross X 200 ini?

Harga Viar Cross X 200

Harga Viar Cross X 200 Terbaru

Seperti dengan yang sudah Mas Sena katakan di atas, harga Viar Cross X 200 terbaru ini bakal di banderol dengan harga yang cukup terjangkau. Dan benar saja, berdasarkan info yang dilansir dari situs resmi Viar Indonesia, harga dari  Viar Cross X 200 ini akan di banderol seharga Rp 22.780.00,- saja. Jika dibandingkan dengan motor trail buatan Jepang pada segmen yang sama, tentu banderol untuk memboyong motor trail lokal ini bisa dibilang sangat terjangkau. Nah, dengan spesifikasi dan harga Viar Cross X 200 tersebut, apakah motor ini mampu bersaing dengan motor-motor cross buatan negeri Sakura atau kah akan menyerah? Jika iya apakah sobat Mas Sena berminat untuk membawa pulang satu motor trail lokal ini? Dengan harga Viar Cross X 200 yang tergolong sangat murah untuk motor jenis cross rasanya tak heran jika akan banyak peminatnya.

Harga Viar Cross X 200
Sekitar Rp 22.780.00,- (OTR Jakarta)

Catatan : 

  • Harga motor Viar Cross X 200 diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Viar Cross X 200

Perlu diketahui bahwa harga Viar Cross X 200 tersebut merupakan OTR untuk wilayah Jakarta Selatan saja.  Sehingga, bagi kawan Mas Sena yang ingin memboyong motor ini namun berada di luar OTR tersebut maka perlu menyiapkan budget yang sedikit lebih tinggi dari yang di atas supaya dapat mengantisipasi kenaikan harga Viar Cross X 200 akibat distribusi motor ke daerah-daerah lain. Di sisi lain, dengan kualitas yang cukup baik serta dukungan bengkel yang sangat besar dan tersebar di seluruh daerah di Indonesia akan membuat Viar semakin optimis dalam memasarkan produk mereka khususnya Viar Cross X 200 ini. Namun, untuk masalah pilihan, Mas Sena menyerahkan keputusan kepada kawan-kawan semua dalam memilih motor cross terbaik untuk digunakan dengan mempertimbangkan aspek performa dan bandrol harga yang ditawarkan. Demikian informasi spesifikasi dan harga Viar Cross X 200 terbaru pada segmen terakhir ini yang sekaligus menutup perjumpaan review Mas Sena pada kesempatan kali ini. Jangan lupa baca juga ulasan lainnya mengenai motor cross lain yakni Yamaha WR250R dan KLX 150.

  • bankdes

    kemahalan… dah bebas pajak pun>>>

    • Aldi Wra

      btul

  • sopian

    kalau segitumah mendingan produk yg sdh ada jaminan , terutama harga jualnya

    • Baihaqi Abdullah

      mindset goblok…….belum beli, belum pakai tp udah mikir harga jual kembalinya

Top