Gesits Perkuat Aliansi Agar Mampu Bertahan

Tingginya Persaingan Pasar Sepeda Motor Dorong Gesits Perkuat Aliansi – Calon skuter nasional Gesits yang mengandalkan teknologi listrik sepertinya memang sadar betul akan posisinya sebagai merek baru di tanah air. Oleh sebab itu, pihaknya kini sedang berusaha untuk memperkuat aliansi, rantai pasokan, dan strategi bisnis agar Gesits bisa masuk dan bertahan di industri roda dua tanah air.

Tingginya Persaingan Pasar Sepeda Motor Dorong Gesits Perkuat Aliansi

Harun Sjech selaku Chief Sales Officer Garasindo, grup otomotif tanah air yang menjalin kerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dalam proyek Gesits, menyampaikan jika pihaknya menginginkan rantai suplai internal untuk motor ini seperti manajemen produksi, pabrikasi, dan pengendalian persediaan bisa dikonsolidasikan dengan baik.

“Itu yang terlebih dahulu kami prioritaskan dan jika banyak pihak terlibat, kami akan semakin sulit dikalahkan. Kalau jalan sendiri, hanya akan menghantam tembok,” ujar Harun saat ditemui di acara Forum Informasi Industri Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, KompasOtomotif, Selasa (21/03/2017).

Harun juga memberikan penjelasan terkait dengan jumlah pemasok yang sudah menandatangani kontrak kerjasama. Dirinya mengatakan bahwa pihak-pihak yang terlibat dalam kontrak kerja hingga kini jumlahnya belum pasti. Namun, yang pasti pihaknya saat ini masih berada pada proses bidding dan diketahui bahwa sudah banyak pemasok yang dianggap potensial untuk masuk ke dalam daftar untuk sama-sama mewujudkan proyek Gesits.

separator

Sementara itu, Muhammad Nur yang merupakan Kepala Proyek Gesits berpendapat jika terkait dengan teknologi inti yang akan digunakan pada produk skuter nasional ini seperti motor, baterai, dan controller akan diproduksi sendiri dan secara otomatis akan menjadi milik ITS dan Garasindo. Langkah ini diambil karena jika menyerahkan tugas ini ke pihak lain, para pengembang Gesits merasa hal ini cukup beresiko.

Nur juga menegaskan bahwa pihaknya pada intinya akan berfokus pada penguatan aliansi terlebih dahulu dan ini memang hal yang harus segera dilakukan. Oleh sebab itu, pihak pengembang Gesits menandatangani nota kesepahaman dengan PLN dan pengusaha lokal lainnya seperti Telkomsel. Selain itu, pihak pengembang juga berkerja sama dengan perguruan tinggi lain, seperti UGM dan UNS untuk masalah baterai dan ITB terkait dengan smartphone untuk Gesits.

Top