Honda Kini Kuasai Pasar LSUV di Indonesia

Sebanyak 66%, Pasar LSUV Indonesia Didominasi Honda – Melalui kehadiran BR-V dan HR-V tipe 1.5L, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek untuk penjualan mobil Honda di Indonesia, diberitakan telah berhasil menguasai sebanyak 66% pangsa pasar di segmen low sport utility vehicles (LSUV) pada dua bulan pertama di tahun 2017. Tentu, sebuah prestasi yang cukup membanggakan bagi produsen asal Jepang ini.

Menurut beberapa sumber terpercaya, disebutkan bahwa pada Januari-Februari 2017, Honda berhasil menjual sebanyak 7.636 unit HR-V 1.5L dengan market share setinggi 42%. Sementara itu, untuk varian Honda BR-V membukukan penjualan sebesar 4.335 unit dan market share 24% di segmen LSUV.

Tak sampai di situ saja, nyatanya selain BR-V dan HR-V 1.5L, di segmen yang sama pun diisi oleh Toyota Rush yang saat ini diketahui telah meraih penjualan secara wholesales (pabrik ke diler) di periode yang sama sebanyak 3.700 unit. Kemudian, ada juga Daihatsu Terios yang dikabarkan telah laku sebesar 2.058 unit dan untuk Suzuki SX4 637 unit serta Nissan Juke 1 unit.

Sedangkan di sisi lain, salah satu produk Honda lainnya yang juga dikatakan telah berhasil dalam meraih penjualan positif pada dua bulan pertama di 2017 yaitu HR-V 1.8L. Diketahui bahwa meski berada di kelas SUV, mobil tersebut berhasil terjual sebesar 1.343 unit dengan market share 14%. CR-V 967 unit dengan market share sebesar 10%.

Di sisi lain, terkait dengan dominasinya di pasar LSUV Indonesia, Jonfis Fandy selaku Marketing & After Sales Service Director HPM, dalam keterangan resminya pun mengatakan, “Penjualan Honda pada bulan kedua di tahun 2017 masih menunjukkan tren yang positif, khususnya terhadap beberapa produk unggulan kami yang berhasil memimpin pasar di segmennya seperti Honda HR-V, Honda Brio, dan All New Honda Civic. Di tahun 2017 ini kami juga akan terus meluncurkan produk baru untuk terus menyegarkan pasar” ,tegasnya.

Top