Yaris dan Jazz Belum Dapatkan Lawan Tangguh

Yaris dan Jazz Masih Memimpin Pasar Hatchback – Honda Jazz dan Toyota Yaris tampaknya masih mendominasi pasar hatchback untuk segmen-B di Indonesia. Bagi yang tak terlalu suka dengan kedua mobil tersebut, tentu hal ini mendatangkan dilema tersendiri sebab opsi lain di luar kedua mobil itu memang dirasa kurang memiliki greget di pasaran.

Yaris Dan Jazz Masih Memimpin Pasar Hatchback

Jazz dan Yariz  justru malah tampak asyik bersaing untuk merebut pasar di segmen ini. Sedangkan jika dilihat dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada awal tahun ini. mobil-mobil lain di segmen yang sama secara otomatis hanya menjadi penonton saja.

Untuk saat ini, Jazz kembali menduduki segmen yang biasanya amat diminati oleh anak muda. Pada bulan Januari, mobil ini berhasil terjual sebanyak 1.884 unit dan bulan Februari 1.394 unit. Total penjualan mobil Jazz adalah sebanyak 3.278 unit dan sanggup menguasai pasar sebesar 53 persen. Sementara itu, Yaris mencatatkan penjualan sebanyak 1.265 unit untuk bulan Januari dan 1.335 unit untuk bulan Februari. Total penjualan mobil ini adalah 2.600 unit dengan market share sebesar 42 persen.

Ini berarti bahwa 95 persen pasar hatchback untuk segmen-B hanya didominasi oleh dua merek saja. Sedangkan 5 persen sisanya menjadi rebutan mobil-mobil dengan merek lain.

Misalnya saja Suzuki Swift yang saat ini sedang menghabiskan stok sembari menunggu varian terbaru. Model yang sempat menuai kesuksesan di pasar dan menjadi rival tangguh Yaris dan Jazz ini hanya mampu terjual 51 unit pada dua bulan di awal 2017.

Nasib Mazda2 tampaknya lebih tragis lagi sebab jika di tahun sebelumnya model ini masih menguasai pasar sebanyak 12 persen, sejak munculnya kabar tentang pergantian agen pemegang merek dari Mazda Motor Indonesia ke Eurokars, banyak konsumen yang urung membeli mobil ini.

Mazda2 dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya itu hanya sanggup terjual sebanyak 54 unit dalam dua bulan pertama di 2017. Perubahan ini sangat signifikan dari tahun lalu di waktu yang sama di mana Mazda2 terjual sekitar 800-an.

Perkembangan positif justru ditunjukkan oleh Kia All New Rio. Merek asal Korea Selatan ini berhasil mencatatkan penjualan 84 unit pada dua bulan di awal tahun 2017 ini. Perolehan ini diikuti oleh MINI Cooper 64 unit, VW Polo 24 unit, dan Hyundai All New 120 sebanyak 17 unit.

Top