Airbag Baru Ford Akhirnya Dipatenkan

Ford Patenkan Airbag Baru yang Melindungi Bagian Atas Kepala – Perkembangan di dunia otomotif ternyata tak melulu hanya seputar model mobil saja, namun juga fitur-fitur yang ada di dalamnya, tak terkecuali fitur keamanan. Perhatian para produsen mobil untuk memperbaiki sistem keamanan pada pengemudi pun terus meningkat. Hal ini dirasa tak hanya cukup efektif untuk menaikkan nilai jual mobil dari sisi marketing, namun juga menggambarkan kemajuan teknologi pada saat ini.

Ford Patenkan Airbag Baru Yang Melindungi Bagian Atas Kepala

Ford pun sepertinya kini memang sedang fokus untuk memperhatikan hal tersebut. Pasalnya, baru-baru ini merek asal Amerika ini mematenkan airbag headliner anyar yang kemungkinan akan diaplikasikan pada mobil-mobilnya nanti. Airbag baru racikan Ford ini kabarnya akan diletakkan pada bagian atap kabin mobil dan sudah pasti jika fungsinya adalah untuk melindungi kepala pengemudi dan penumpang bagian atas.

Ford sendiri melalui fitur keselamatan baru yang diciptakannya ini memiliki harapan bahwa airbag dengan  model baru tersebut mampu memberikan proteksi yang lebih ketika mobil yang sedang dikendarai terguling di jalan. Meskipun pada kenyataannya, kecelakaan dengan kondisi mobil terguling cukup jarang terjadi, namun Ford telah membuat antisipasi untuk kondisi seperti itu.

Rupanya alasan itulah yang melatar belakangi Ford untuk mengembangkan komponen keselamatan baru ini. Airbag model anyar yang dibuat oleh Ford ini aplikasi patennya telah diajukan di Inggris Raya pada tanggal 16 September 2016 lalu dan paten tersebut telah diterbitkan pada 22 Maret 2017.

Untuk sistem kerjanya, airbag ini akan diletakkan dengan posisi di antara headliner (plafon) dan roof panel. Ketika mobil terguling, airbag akan mengembang dan mendorong plafon ke bagian  bawah menuju ke arah kepala pengemudi sehingga mampu membuat ruang di antara plafon dan atap mobil. Dengan begitu kepala tidak akan langsung berbenturan dengan atap.

Satu poin kunci yang ada pada aplikasi paten ini adalah airbag milik Ford ini bisa diintegrasikan pada kendaraan yang ada tanpa harus mengubah struktur utama dari mobil. Ini tentu menjadi kelebihan sendiri karena bisa menekan biaya dan waktu pengembangan.

 

Top