Selamat Tinggal Honda Monkey!

Honda Monkey Tidak Akan Diproduksi Lagi – Setelah lebih kurang beredar di pasaran selama 50 tahun, akhirnya Honda membuat keputusan untuk menghentikan produksi dari salah satu produk motor andalannya, Monkey. Sepeda motor berukuran mungil yang memiliki kapasitas 50 cc ini kabarnya akan dihentikan produksinya pada bulan Agustus 2017 yang akan datang.

Honda Monkey Tidak Akan Diproduksi Lagi

Kabar mengenai akan segera menghilangnya Monkey dari peredaran ini tentu menjadi berita yang cukup mengejutkan sekaligus menyedihkan bagi para pecinta motor klasik Honda ini. Namun, kabar tersebut rupanya telah terbukti kebenarannya lewat pernyataan langsung yang disampaikan oleh Chiaki Kato selaku Presiden Honda Motorcycle Jepang bertepatan dengan gelaran Tokyo Motorcycle Show 2017 yang diselenggarakan baru-baru ini.

Generasi pertama Monkey sendiri, Z50M sudah dipasarkan sejak tahun 1967 dan kini usianya telah menginjak 50 tahun. Dengan berbekal desain yang unik dan satu mesin yang mampu bertahan hingga mencapai setengah abad, maka hal ini menginspirasi pihak Honda untuk kembali memproduksi motor ini dengan mengusung konsep edisi ke-50. Dirilisnya edisi ke-50 ini juga disebut-sebut bakal menjadi mobil terakhir.

Kato juga memaparkan lebih lanjut bahwa keputusan Honda yang terpaksa menyetop produksi Monkey karena berhubungan dengan teknologi dan efisiensi biaya. Sehingga mulai tahun ini Honda hanya akan memproduksi produk-produk motor yang sesuai dengan aturan. Hal ini karena motor yang memiliki knalpot kecil dirasa cukup kesulitan untuk melalui tiga fase regulasi yang ada di Eropa.

Honda memang baru saja meluncurkan versi 50 tahun untuk Monkey. Desain yang diusungnya sama sekali tak membawa perubahan. Akan tetapi, karena motor ini hadir dalam edisi khusus, Honda tampak membuat motor ini terlihat berbeda misalnya dengan memakaikan sarung jok dengan motif yang unik serta gaya tempat duduk yang hadir dalam kombinasi warna merah dan putih untuk menguatkan kesan retro.

Edisi 50 tahun ini akan menjadi model penutup yang akan mengakhiri masa kejayaan Monkey di pasaran. Model ini pun kabarnya akan diproduksi dalam jumlah yang terbatas, yaitu sebanyak 1.800 unit saja. Sedangkan untuk harga jualnya, motor akan dibanderol pada angka 352.080 yen atau sekitar Rp 41 jutaan.

Top