Tantang Honda Jazz, Nissan Note Siap Diboyong Ke Indonesia

Nissan Note Segera Meluncur di Tanah Air – Beberapa waktu lalu, sudah diketahui bersama bahwa pabrik otomotif bernama Nissan telah resmi meluncurkan hatchback kelas B-nya yang bernama Note di Thailand pada bulan Januari 2017 lalu. Nah, sebagai langkah untuk menyegarkan kembali maka Nissan pun memamerkan Note lagi pada ajang Bangkok International Motor Show 2017. Nissan Note ini diklaim akan menjadi pesaing Honda Jazz dan Toyota Yaris.

Di sisi lain, di Negeri Gajah Putih sendiri Nissan Note pun kabarnya akan dipasarkan di bawah Program Eco-Car Phase 2. Dengan demikian maka dipastikan bahwa harga jualnya bisa lebih ditekan karena memenuhi syarat yang diajukan pemerintah, khususnya dalam hal dari sisi ramah lingkungan.

Berkaitan dengan spesifikasi yang diusungnya, Nissan akan mengandalkan mesin 1,2 liter dengan tiga silinder di mana nantinya akan dipadukan dengan sistem transmisi otomatis. Selain itu, untuk konsumsi bahan bakarnya sendiri diklaim mampu mencapai 20 kilometer per liter.

Tak hanya masalah performanya saja melainkan Nissan juga akan melengkapi hatchback kelas B-nya ini dengan disematkannya beberapa fitur keamanan yang didukung dengan anti-lock braking system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD), dan brake assist. Sehingga, kenyamanan dan keselamatan pengemudi maupun penumpangnya pun akan lebih terjamin.

Jika di Thailand saja sudah diluncurkan, lalu kira-kira bagaimana dengan Indonesia? Terkait hal tersebut, President Director PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang dijabat oleh Antonio Zara pun mengatakan bahwa pihaknya akan segera melengkapi jajaran produk yang dipasarkan di Indonesia, termasuk jenis hatchback. Untuk sementara ini, Nissan hanya memasarkan hatchback March yang bermain di kelas A, bersaing dengan Toyota Etios Valco, Honda Brio, Daihatsu Sirion, dan Mitsubishi Mirage.

“Itu adalah kekuatan dari Nissan. Menurut saya, kami enggak mau berpartisipasi hanya di segmen yang besar atau sport segmen. Kami adalah perusahaan global, dan perusahaan global yang bagus untuk sebuah merek adalah memiliki semua segmen,” kata Toti pada Januari lalu.

Nah, jika dikaitkan dengan Nissan Note, menurut Toti sendiri disebutkan bahwa pihaknya masih akan mempelajari pasar di Indonesia terlebih dahulu. Meski masih belum jelas namun Nissan Note berpeluang besar dibawa ke Tanah Air. Sebab, dengan dihadirkannya di pasar otomotif Thailand maka hal ini merupakan pertanda Note segera masuk Indonesia.

Top