Cara ‘ala’ Mas Sena Membuat Tarikan Gas Motor Makin Enteng

Cara Membuat Tarikan Gas Motor Makin ringan – Berbicara tentang motor pasti tidak ada habisnya bukan brader dan sista sekalian? Seperti kita ketahui bersama motor adalah kendaraan yang sangat populer di Indonesia. Dengan mempunyai penjualan dan penggunaan dari tahun ke tahun yang semakin meningkat secara signifikan. Motor dipilih oleh sebagian besar masyarakat Indonesia karena berbagai macam faktor yaitu kemudahan, kepraktisan serta keiritan dan faktor-faktor lainnya. Tentu saja penggunaan motor dengan jangka waktu pemakaian yang cukup lama akan menghasilkan performa motor yang semakin menurun. Penurunan performa  ini biasa terjadi pada setiap jenis kendaraan bermotor. Umumnya disamping jangka waktu yang lama juga diakibatkan oleh jarak tempuh kendaraan yang jauh. Kedua hal tersebut akan mengakibatkan makin tidak berfungsinya dengan baik atau terjadi aus pada komponen setiap kendaraan bermotor.

cara membuat tarikan gas motor makin enteng

Nah mengenai topik tips dan trik kali ini Mas Sena akan membahas dan memberikan cara menangani performa motor agar kembali prima yaitu tips dan cara membuat tarikan gas motor makin enteng. Komponen gas beserta seluruh bagian yang berhubungan adalah bagian yang terpenting untuk menjalankan motor sesuai dengan kecepatan yang diinginkan. Apabila gas mengalami masalah misalnya puntiran gas yang terasa seret atau gas yang terasa berat yang juga menghasilkan tarikan motor yang terasa loyo pastinya akan membuat brader dan sista merasa sangat jengkel bukan? Harusnya kan apabila handle/grip gas diputar akan menghasilkan tarikan yang sesuai dengan puntiran gas. Mengenai masalah tersebut Mas Sena akan memberikan cara membuat tarikan gas motor makin enteng dan menghasilkan performa yang sesuai dengan puntiran gas.

Cara Membuat Tarikan Gas Motor Makin Ringan

Nah setelah intro yang cukup singkat tadi, disini Mas Sena akan mulai membedah cara membuat tarikan gas motor makin enteng buat bro semua. Seperti yang kita lihat ketika putaran gas terasa seret maka akan berpengaruh besar pada daya tarikan motor yang juga terasa berat. Saat mengeluhkan masalah semacam ini kebanyakan pengendara atau teknisi mengambil jalan pintas dengan cara memotong pegas “per skep karburator”. Padahal apabila cara ini dilakukan akan sangat berbahaya karena walaupun menghasilkan tarikan yang enteng dan responsif. Tetapi memiliki kekurangan yaitu berkurangnya kemampuan pegas yang mengakibatkan jarum skep tidak akan bergerak atau macet sehingga mesin motor akan terkunci pada rpm tinggi. Biasanya hal tersebut juga terjadi karena terdapatnya banyak kotoran yang berada pada area dinding skep baik itu kotoran debu bahkan embun air. Mas Sena akan memberikan informasi mengenai tips dan cara membuat tarikan gas motor makin ringan dibawah ini, yaitu :

cara membuat tarikan gas motor makin ringan

  1. Bongkar karburator dan bersihkan menggunakan karburator cleaner dan juga gunakan kompresor untuk membersihkan debu-debu yang menempel. Setelah itu lumasi aliran kabel gas dari arah bawah menggunakan oli yang bersih dan dicampur bensin yang disalurkan melalui selang plastik berukuran hampir sama kabel gas tersebut agar campuran tersebut dapat masuk sampai ke atas handle grip gas kemudi. Dengan cara tersebut maka akan menghasilkan tarikannya yang lancar dan enteng. Nah cukup jelas? Yuk kita lanjut ke cara membuat tarikan gas motor makin enteng yang kedua!
  2. Selanjutnya lumasilah grip handle gas dengan pelumas yang cukup cair dan tidak lengket. Hal tersebut berguna agar puntiran gas apabila di puntir terasa lancar dan tidak seret.
  3. Lepas pegas skep karburator kemudian tekan bagian ujung pegas atas dan bawah agar menjadi lebih rapat maka gunakanlah tang yang lancip. Sesuaikan tekanan dan kerapatan yang dikehendaki. Usahakan maksimal 3 kali lilitan pegas atas dan 3 kali lilitan pegas bawah supaya kemampuan daya pegas tetap stabil dan tidak berkurang derastis.
  4. Setelah selesai pasang kembali karburator serta kabel gas dan cobalah sensasi putaran gas yang terasa enteng dan membuat tarikan motor terasa responsif.

Sedangkan untuk dapat mendukung tarikan motor yang responsif maka lakukanlah perawatan secara berkala. Selain cara membuat tarikan gas motor makin ringan diatas, anda juga dapat menggunakan part aftermarket agar menjaga peforma motor dengan tarikan enteng dan responsif. Berikut cara-caranya :

  1. Gunakan kapur barus dengan memberikan bahan kimia ini kedalam tangki motor. Perbandingannya 1 gram kapur barus : 1 liter bahan bakar. Cara ini sebenarnya sudah tenar pada tahun 80 hingga 90-an. Setelah diteliti zat kimia yang terdapat pada kapur barus ini memiliki kandungan “Octane Booster”, yang akan menambah daya/power motor apabila dicampurkan bersama bahan bakar. Namun cara ini katanya akan menimbulkan karat pada bagian yang dilewati campuran ini. Cukup mengerikan ya brader dan sista sekalian?
  2. Pasang 9 power di bagian kabel koil maupun kabel busi dengan arah yang tepat. Dengan menggunakan alat sederhana yang kecil ini diklaim akan dapat menambah akselerasi motor karena memperlancar aliran listrik sehingga menghasilkan pembakaran yang sempurna dan irit. Wow, mantap bukan brader dan sista sekalian?
  3. Gunakan part aftermarket lain seperti gas spontan, busi iridium, filter racing, gear ratio yang lebih ringan dan lain-lain. Dengan memasang part penunjang tersebut dimotor anda maka akan menghasilkan performa yang sangat responsif. Umumnya sih cara ini digunakan pada ajang balap baik itu drag race maupun road race.. hehe

tips cara membuat tarikan gas motor makin enteng

Bagaimana pendapat kawan-kawan mengenai cara membuat tarikan gas motor makin enteng diatas? Nah itulah cara menanggulangi masalah gas yang terasa seret dan berat. Dengan menerapkan cara tersebut yang tepat pastinya akan menghasilkan tarikan motor yang enteng dan responsif. Sebenarnya untuk menjaga peforma motor agar tetap enteng dan responsif diatas masih banyak cara lain menggunakan part aftermarket lainnya. Namun Mas Sena telah membuat rangkuman cara membuat tarikan gas motor makin ringan yang rasanya sudah cukup memadai untuk dipraktekkan. Dalam mempraktekkan cara tersebut harus hati-hati ya karena cara membuat tarikan gas motor makin enteng diatas cukup expert dan agak sulit. Ketika kawan-kawan masih merasa belum cukup mumpuni dalam mengoprek motor Mas Sena menyarankan untuk menanyakannya kepada kawan-kawan yang sudah jago dan mengetahui mengenai seluk beluk motor supaya tidak terjadi hal yang kurang diinginkan.  Apabila setelah mengaplikasikan cara-cara diatas dengan benar dan tarikan gas masih terasa seret dan berat maka sebaiknya bawalah motor kesayangan anda ke bengkel terpercaya di wilayah anda untuk dapat mengetahui trouble apa yang membuat tarikan motor anda menjadi berat. Semoga cara membuat tarikan gas motor makin enteng ini dapat berguna bagi bro yang telah menyimak dengan seksama ya, sampai jumpa. Baca juga Cara Merawat Helm Full Face dan Cara Menghilangkan Baret pada Motor.

  • fitri

    Speedometer klu mati gmn mas MTR sy vario tecno injeksen

    • Irfan

      kabel spidiometernya putus itu mbak . possisinya kable berada di sbelah kiri ban depan speda motor mbak

Top