Pakai Pelek Kecil Scoopy Terlihat Lebih Bongsor

Gunakan Pelek Lebih Kecil Scoopy Terlihat Lebih Gagah – Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan generasi baru. Sepeda motor Skutik bergaya retro ini datang dengan fitur baru yang semakin modern. Meski semakin segar, sayangnya pembaruan Scoopy tidak menyeluruh. karena AHM masih mempercayakan mesin lawas, yakni Enhanced Smart Power (eSP) berkapasitas 110 cc. Ketika menanyakan alasannya pihak AHM menjawab bahwa mesin Scoopy yang ada saat ini sudah cukup pas untuk Indonesia.

Dari beragam ubahan yang ada pada Honda Scoopy baru, sektor laki-laki yang menjadi yang signifikan. Scoopy baru kini mengusung pelek 12 inci dengan ban lebih besar yaitu 100/90 59J pada bagian depan dan 110/90 64J pada bagian belakang. Meskipun lebih kecil dari model yang lama yang menggunakan pelek 14 inci, tetapi secara dimensi ground clearance nya justru semakin tinggi, yakni naik tiga persen.

Menurut Honda Research and Development Southeast Asia Izumi Kanazawa, kenaikan tersebut bukan hanya akibat penggunaan ban tubeless saja. Tiga persen artinya lebih tinggi tujuh milimeter dari model Scoopy sebelumnya. Bisa saja Scoopy terbaru ini tinggi bukan karena ban, tetapi frame dan link frame baru yang jadi penyambung pada mesin.

Menurut Izumi secara diameter luar pelek sama dengan model lama tetapi frame baru tadi membuat ground lebih keatas. pengaplikasian pelek 12 inci juga lebih karena faktor kenyamanan. Pengendara Scoopy lama bisa merasakan bedanya saat mengendarai Scoopy baru, jauh lebih stabil baik saat bermanuver atau sedang jalan biasa.

Dengan pelek yang lebih kecil dikombinasikan dengan ban bertapak lebar membuat ban lebih menapak dipermukaan aspal. Selain membuat laju motor lebih stabil traksinya juga akan lebih optimal. Memang secara performa memang lebih baik menggunakan pelek 14 inci, tetapi penggunaan pelek 12 inci akan lebih nyaman dikendarai dibandingkan dengan pelek 14 inci. Ban yang lebar juga membuat pijakan ke aspal lebih rata, otomatis stabilitas lebih terjaga dan nyaman untuk dikendarai.

Top