Mercy Makin Berjaya di Segmen SUV

Model SUV Mercedes-Benz Mengalami Peningkatan Penjualan – Mercedes-Benz Indonesia (MBI) mengungkapkan jika pihaknya mendapatkan semacam angin segar pada dua bulan di awal tahun 2017 ini. Penjualan produk-produknya diketahui mengalami peningkatan pada Januari dan Februari sebesar 13 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Model Suv Mercedes Benz Mengalami Peningkatan Penjualan

Deputy Director Sales Operation MB Cars and Network Development MBI, Kariyanto Hardjosoemarto, menyatakan bahwa hasil positif ini bisa sebagai tolak ukur peningkatan pasar otomotif untuk mobil-mobil yang berada di segmen premium.

“Tahun lalu di waktu yang sama (Januari-Februari 2016) Mercy 444 unit, tahun ini jadi 501 unit. Kalau dilihat secara internal naik 13 persen, tapi untuk  market share dan komparasi merek lain kita belum tahu karena masih konsolidasi dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) soal data dan lainnya,” kata Kari, KompasOtomotif, Jumat (31/03/2017).

Kari sendiri berpendapat jika kenaikan penjualan Mercedes-Benz sebagian besar merupakan sumbangan dari model sport utility vehicle (SUV).  Jika pada tahun lalu, jumlah segmen ini sebesar 32 persen, maka untuk periode yang sama di tahun ini, jumlahnya justru bisa mencapai 40 persen.

SUV yang dimiliki Mercy adalah GLC sehingga mendapat respon yang lumayan baik. Dilihat dari penjualan kontribusinya juga menjadi yang terbesar. Pertumbuhan SUV sendiri juga cukup tinggi, meski tidak tahu jumlah pastinya, namun pertumbuhannya menurut Kari bisa mencapai dua kali lipat. Hal ini juga tak bisa dilepaskan dari tren SUV yang memang saat ini sedang naik daun.

Sementara itu, ketika disinggung terkait dengan potensi pasar premium di tahun 2017, Kari mengatakan jika tren yang ada saat ini sudah lumayan baik. Meski begitu, semua masih bisa berubah bergantung pada situasi dan kondisi iklim politik yang terjadi.

Hal ini karena pasar premium memang diketahui paling sensitif jika berkaitan dengan isu politik. Jadi jika sepanjang tahun ini keadaan politik aman-aman saja, maka bisa dipastikan kalau segmen premium di pasar tanah air bisa terus tumbuh lagi. Terlebih lagi jika nantinya infrastruktur bisa berjalan dengan baik.

Top