Toyota Kembali Recall 2,9 Juta Mobil Terakit Kasus Airbag

Efek Masalah Kantung Udara Takata Berimbas Pada Toyota RAV4 – Beberapa waktu yang lalu, jutaan unit mobil dengan berbagai merek di seluruh dunia terpaksa harus di-recall karena masalah kantung udara buatan Takata, kini Toyota kembali membuat keputusan untuk melakukan penarikan pada sekitar 2,9 juta unit mobil di berbagai wilayah dengan masalah yang masih sama.

Efek Masalah Kantung Udara Takata Berimbas Pada Toyota Rav4

Model-model yang harus ditarik kembali oleh Toyota seperti RAV4 dan Corolla Axio dengan jumlah sekitar 1,16 juta unit. Mobil-mobil tersebut sudah dikirim kepada konsumen di berbagai wilayah Oseania dan Timur Tengah. Sementara itu, 750.000 unit yang masih tersisa tersebar di Jepang sehingga proses recallnya kemungkinan bakal lebih mudah untuk dilakukan.

Mobil yang sama dan telah diboyong ke Eropa juga seharusnya mendapatkan imbas yang sama dari masalah ini. Akan tetapi, kepastian jumlahnya untuk saat ini masih belum bisa dipastikan. Sedangkan untuk Amerika bagian Utara, dimana kawasan ini menjadi pasar paling besar untuk merek Toyota, justru malah terbebas dari recall yang dilakukan Toyota pada tahun ini.

Keputusan recall ini ternyata tak hanya menjadi milik Toyota sebab sejumlah merek lain yang ada di Jepang pun turut melakukan aksi yang sama pada akhir-akhir ini. Setidaknya sekitar 240.000 unit mobil di Jepang, tak terkecuali Mitsubishi, Hino Motors, dan Fuji Heavy Industries yang notabene sebagai pembuat merek Subaru.

Masalah airbag Takata yang sudah menyebabkan recall banyak unit mobil ini bisa ditemukan pada komponen inflatornya. Saat terjadi kecelakaan, inflator pada airbag buatan Takata ini mengembang secara berlebihan dan terkadang bisa disertai dengan lontaran serpihan logam sehingga kondisi ini sangat berbahaya bagi penghuni mobil. Alih-alih meningkatkan keselamatan, airbag ini justru bisa mencederai pengemudi dan penumpang yang ada di bagian depan.

Kantung udara yang berbahaya ini sudah berimbas pada mobil-mobil dengan berbagai merek yang ada di dunia dan korban sudah banyak yang berjatuhan. Pasalnya, lebih dari 100 juta unit mobil yang ada di dunia memakai perangkat keselamatan yang satu ini. Laporan menyebutkan jika 150 orang terluka dan 16 di antaranya telah meninggal dunia terkait kasus airbag Takata.

Top