Perhatikan!! Ini yang Bikin Lampu LED Awet

Tips Agar Lampu LED Awet – Lampu jenis LED saat ini memang sudah banyak digunakan di berbagai kendaraan khususnya roda empat. Beberapa kelebihan yang dimilikinya memang membuatnya banyak diminati oleh pabrikan otomotif untuk disematkan pada produk buatannya.satuan daya lampu LED ini memang paling rendah dibandingkan jenis lainnya sehingga dinilai lebih efisien dibanding lampu halogen dan HID. Namun sering kali banyak penggunanya yang mengeluhkan bahwa lampu LED ini tidak memiliki daya hidup yang lama alias tidak awet.

Tips Agar Lampu LED Awet

Dilansir dari oto.detik.com 31/3/2017, Head Marketing CV Sampurna Part Niaga (Autovision), Dedy Kurniawan mengatakan, ada tips agar LED awet dan tahan lama yakni dengan menyematkan Relay set. “Ini penting. Kadang bengkel juga enggak ngasih edukasi pakai relay set. Itu akan menambah waktu produk, long lifetime-nya si LED,” ujarnya.

Selain itu yang perlu diperhatikan juga, ketika membeli Relay set yang akan digunakan pada lampu LED nya, pembeli disarankan untuk memilih relay set tanpa kotak atau box. Hal ini untuk menghindari masalah atau kerusakan pada relay tersebut secara langsung. “Yang relay-nya itu kelihatan gitu, jadi ketika ada masalah gampang kita ngelihatnya, ganti relaynya. Kalau aftermarket yang pakai box itu kan kita enggak tahu, hanya indikator, kita enggak tahu nih rasanya relay-nya itu masih oke, padahal mati satu, indikatornya nyala, berarti kan kita ngiranya masih oke. kalau yang enggak pakai box kita bisa lebih liat,” jelasnya.

Selain itu, harga Relay set yang beredar dipasaran juga tergolong terjangkau yakni sekitar Rp 100 – 200 ribuan tergantung isinya. Menurutnya relay set dengan isi empat akan lebih awet. “Tinggal mau pakai yang dua atau empat, kalau yang dua itu berarti satu buat lampu jauh, satu untuk lampu dekat. Kalau empat relay dua untuk lampu dekat kiri dan kanan, dua lagi untuk lampu jauh kiri dan kanan. Biasanya yang empat relay lebih awet,” pungkasnya.

Nah bagi Anda para pengguna LED tentunya hal ini akan sangat bermanfaat untuk menjaga ke awetan dari lampu LED yang sobat miliki. Karena memang dibalik kelebihannya yang cukup banyak, LED ini juga memiliki beberapa kekurangan.

Top