Subsidi Ditarik, Harga Ertiga Diesel Hybrid Bakal Melambung?

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Tak Dapatkan Subsidi Lagi – Pemerintah India diketahui telah mencabut insentif yang diberikannya untuk mobil yang hadir dengan teknologi mild-hybrid. Keputusan ini rupanya sudah mulai dilaksanakan sejak tanggal 1 April 2017. Langkah yang diambil oleh pemerintah India ini tentu memberikan efek yang cukup signifikan pada Maruti Suzuki, yang notabene mendominasi pasar otomotif roda empat di negeri Bollywood tersebut.

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Tak Dapatkan Subsidi Lagi

Seperti yang telah diketahui bahwa sebelumnya, Suzuki India sempat menikmati subsidi yang diberikan oleh pemerintah untuk mobil dengan model Ertiga serta Ciaz, yang dibekali dengan teknologi mild-hybrid, terhitung sejak diberlakukannya skema Faster Adoption of Hybrid and Electric Vehicle (FAME) pada bulan April 2015 lalu.

Ini berarti bahwa skema tersebut telah berlaku selama dua tahun sejak mobil ini dilahirkan. Oleh sebab itu, bisa dikatakan jika kendaraan yang berada di bawah naungan FAME sebelumnya, baik itu mild-hybrid, strong hybrid, plug-in hybrid, maupun pure electric hybrid memang sempat mencicipi insentif khusus dari pemerintah.

Kendaraan berteknologi hibrida ringan (mild-hybrid) sudah hadir dengan motor listrik namun tidak mempunyai kemampuan sendiri untuk berjalan sehingga teknologi ini hanya memberikan bantuan kepada mesin normal dengan memakai energi yang dipulihkan dan disimpan dalam baterai sehingga pemakaian teknologi ini dipercaya bisa menekan penggunaan bahan bakar.

Dapur pacu Ertiga dan Ciaz mengadopsi mesin ini dan masing-masing model memperoleh insentif sebesar 13.00 rupee atau sekitar Rp 2,6 juta untuk setiap unit berdasarkan pada aturan yang telah ditetapkan pada skema FAME.

Apabila India mengalami kenaikan harga, tentu hal ini akan berdampak pada unit serupa yang dijual di Indonesia. Untuk saat ini, harga Ertiga Diesel Hybrid masih dibanderol pada Rp 219,5 juta dan kemungkinan bisa naik. Pihak Suzuki Indomobil Sales pun belum berkomentar terkait hal ini.

Sebelumnya, pihak Suzuki memang pernah mengatakan mengenai kemungkinan kenaikan harga pada Ertiga Diesel VIN 2017. Namun, 4W Sales Director Suzuki Indomobil Sales, Makmur menyebutkan bahwa kenaikan harga tersebut hanya disebabkan oleh BBN (Bea Balik Nama) saja.

Top