Keren!! Bagian Belakang Helm Ini Tersemat Lampu Rem

Lampu Rem pada Helm – Lampu rem merupakan salah satu komponen yang wajib ada di setiap kendaraan bermotor baik itu roda dua maupun roda empat. Bahkan lampu rem tambahan pun biasa disematkan oleh para pengguna kendaraan baik untuk variasi maupun keamanan. Pada pengguna mobil pemasangan lampu rem tambahan biasanya diletakkan pada bagian atas kaca belakang mobil yang kini sudah umum dilakukan oleh produsen. Bahkan dibeberapa negara lampu rem tambahan pada belakang kaca mobil ini menjadi salah satu syarat wajib.

Lampu Rem Pada Helm

Bukan tanpa alasan pemasangan lampu rem tambahan pada bagian belakang kaca mobil tersebut diwajibkan di beberapa negara. Hal tersebut dimaksudkan untuk membuat pengguna jalan yang ada di belakang dapat melihat nyala lampu ketika pedal rem diinjak dengan lebih baik. Namun, bagi para pengguna motor teknik ini tidak dapat dilakukan karena memang tidak terdapat ruang yang cukup. Dan satu-satunya yang dapat dilihat pengemudi yang jauh di belakang adalah helm si pengendara.

Nampaknya, hal tersebut telah menginspirasi sebuah perusahaan start-up asal Amerika Serikat, brake Free untuk melakukan terobosan dengan memasang lampu rem pada bagian belakang helm motor. Dilansir dari Visordown 31 Maret 2017, terobosan baru yang dilakukan perusahaan asal Amerika Serikat ini memang menggunakan sentuhan teknologi agar lampu tersebut dapat berfungsi maksimal, tanpa menganggu si pemakai.

Jika dilihat pada gambar yang ada, bentuk helm tersebut tidak berbeda jauh dengan helm pada umumnya, hanya saja terdapat sebuah lampu di bagian belakangnya. Tidak terlihat kabel yang digunakan untuk menghubungkan lampu dengan rem karena helm ini menggunakan wireless untuk menyalakan lampu tersebut. Sebuah alat yang dapat meberikan sinyal pada lampu rem pada helm terpasang pada rem, yang akan membuat lampu rem menyala ketika tuas rem diinjak atau ditarik.

Selain itu sensor khusus yang dapat mendeteksi akselerasi motor juga turut disematkan pada helm ini. Sensor tersebut akan membuat lampu rem pada helm menyala lebih terang ketika motor yang sedang melaju kencang direm mendadak.

Untuk suplai dayanya, lampu rem ini menggunakan sebuah baterai yang dapat bertahan selama kurang lebih 10 jam. Sementara itu, untuk melakukan pengisian hingga penuh dapat dilakukan hanya dalam waktu dua jam saja. Namun, hingga kini belum diketahui banderol resmi dari lampe rem helm tersebut.

Top