Pertimbangkan Pajak, Marquez Pindahan?

Pertimbangkan Pajak Marquez Pindahan – Pebalap muda asal spanyol yang berada pada tim Repsol Honda sedang bersinar dengan dua gelar juara dunia diajang balap MotoGP yaitu Marq Marquez,  dikabarkan akan meninggalkan tanah kelahirannya yaitu Spanyol untuk berpindah ke Andora. Pajak adalah pertimbangan utama sebagai alasan kepindahannya tersebut.

Marc Marquez Pindahan

Sekedar informasi Andora adalah negara kecil ke-enam di benua Eropa yang terletak antara negara Spanyol dan Perancis. Untuk perpindahannya tersebut dibutuhkan waktu 183 hari agar status kewargaannya dapat berubah menjadi warga negara Andora.

Dari referensi media-media elektronik luar negeri, Spanyol memang memiliki pajak yang cukup besar bagi atlit-atlit yang bersinar. Sebagai gambaranya nilai kontark yang dikucurkan HRC untuk ‘The Baby Alien’ ini sekitar 10 juta Euro atau setara dengan Rp 152.8 M pertahunnya. Sedangkan nilai kontrak tersebut akan dipangkas hingga 49 % jika dia tetap menjad warga negara Spanyol. Sedangkan di negara tujuan kepindahanya memiliki pajak yang jauh lebih kecil. Jika dia telah pindah maka hanya perlu membayar 30ribu Euro atau senilai Rp 458 rupiah pertahunnya. Plus ditambah 50ribu Euro saat pertama kali masuk saja. setelah beberapa tahun barulah meningkat menjadi 10% lebih banyak dari pendapatannya. Tentu saja dengan pajak di negara terkecil ke enam yang termasuk dalam benua Eropa ini mempunyai perbandingan bagai bumi dan langit. Ngeri ya bro dan sis?

Oiya, sekedar informasi tambahan ada juga pebalap Spanyol lain yang memilih pindah juga dari negeri matador ini. Ada Espargaro bersaudara yang terlebih dahulu pindah ke Andora dan memilih tinggal disana bersama keluarga. Selain itu dua pebalap top MotoGP yaitu Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo yang lebih memilih pindah dari Spanyol ke Swiss yang juga ditenggarai oleh masalah pajak yang cukup tinggi. Perkara pajak ini juga menimpa pada pebalap jet darat atau F1 yaitu Fernando Alonso yang harus mengalah dan kembali ke Spanyol tahun 2011 silam. Bahkan pebalap ‘Legend’ MotoGP yaitu Valentino Rossi juga mengalami hal yang serupa yang terjadi di negara tercintanya Italia. Namun masalah tersebut telah usai pada tahun 2007. Baca juga Film Tentang Mobil terbaik di Dunia dan Wow, Helm Termahal di Dunia.

Top