Akhirnya Toyota Diakui Presiden AS

Akhirnya Trump Akui Toyota – Toyota Motor akan menginvestasikan 1,33 miliar atau Rp 17,2 triliun di pabrik perakitan mobil terbesar Amerika Serikat (AS). Langkah Toyota ini akhirnya menggoyah Presiden AS yaitu Donald Trump, menyusul kritik sebelumnya terhadap produsen mobil Jepang tersebut. Investasi yang baru diumumkan Toyota, disiapkan untuk memperbarui peralatan perakitan mesin dan kendaraan, serta membenahi welding shop di pabrik Kentucky.

Perombakan tersebut dipersiapkan untuk peluncuran generasi terbaru Camry, yang dirancang dan diproduksi di bawah platform Toyota New Global Architecture (TNGA), demi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas melalui standarisasi komponen. Upgrade pabrik ini merupakan bagian dari investasi Toyota di Amerika yang mencapai 10 miliar dollar AS dalam lima tahun kedepan yang diumumkan pada Januari 2017.

Pabrik Kentucky dibuka pada tahun 1988 dan menghasilkan 500.000 unit per tahun. Fasilitas ini memiliki 8.200 pekerja setelah menambah 700 karyawan baru-baru ini. Trump telah mencerca rencana Toyota untuk membangun fasilitas produksi di Meksiko. Namun pengumuman investasi akhirnya membuat Trump berguncang, dan mengakuinya.

“Keputusan Toyota untuk menginvestasikan 1,3 miliar dollar AS di pabrik Kentucky mereka, adalah bukti lebih lanjut bahwa produsen sekarang yakin bahwa iklim ekonomi telah meningkat pesat dibawah pemerintahan saya,”ujar Trump.

Ini menandai pertama kalinya president tersebut mengakui investasi Toyota di Amerika Serikat. sebelumnya Toyota pernah mengumumkan rencana belanja, untuk memperluas pabrik Indiana pada Januari tetapi Trump diam saja. Secara keseluruhan Toyota telah menginvestasikan 22 miliar dollar AS atau Rp 292 triliun selama enam dekade terakhir. Pasar AS untuk mobil baru tumbuh selama tujuh tahun berturut-turut sampai 2016, tetapi pertumbuhannya kehilangan momentum saat ini.

Sementara investasi Toyota di Kentucky di tengah merosotnya pasar ini dirancang untuk menunjukan komitmen terhadap pasar AS. Lebih dari itu ini untuk menghindari kritik yang ditargetkan pada produsen mobil Jepang. toyota akan berupaya untuk mempertajam daya saing manufaktur dan terus meningkatkan lapangan pekerjaan. Menteri keuangan Jepang mengatakan, AS menerima investasi langsung dengan jumlah terbesar dari Jepang atau mencapai 51,2 miliar dollar AS setara dengan Rp 6.798 triliun pada 2016.

 

Top