Daihatsu Telah Berhasil Meraih Angka Produksi 5 Juta Unit

Daihatsu mencapai Jumlah Produksi Hingga 5 Juta Unit – Tak terasa bahwa geliat Daihatsu di kancah otomotif Indonesia sudah lama sekali. Bahkan, beberapa waktu lalu pun dikabarkan bahwa PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menandai produksi ke 5 juta unit dengan model Sigra. Produsen mobil asal Jepang ini mulai memproduksi mobil di Indonesia pada 1978 di mana untuk model yang diproduksi pertama kali adalah Hijet 55 wide.

Memang sejak dulu, ADM sudah mulai memproduksi kendaraan dengan merek Daihatsu ini yang tak lain untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun ekspor dengan tujuan 54 negara, yakni di Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Tentu, dengan pengalamannya tersebut, wajar jika produsen asal negeri Matahari ini mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan otomotif di Indonesia.

Sementara itu, untuk pencapaian produksi 5 juta unit ini pun diketahui telah banyak disumbang oleh produk Daihatsu sebesar 2.447.211 unit dan Toyota 2.552.789 unit yang meliputi produk Xenia-Avanza, Terios-Rush, Gran Max dan Luxio serta produk sebelumnya seperti Taruna, Feroza, Espas, Zebra, Taft, Delta, Classy, dan Charade.

“Pencapaian produksi hingga 5 juta unit merupakan milestone penting ADM dengan pendampingan dari Daihatsu Motor Company (DMC). Daihatsu akan terus melakukan pengembangan kompetensi kepada putra-putri bangsa agar kelak memiliki kemampuan rancang bangun produk automotif nasional dengan kualitas global,” ujar Presiden Direktur ADM yang dijabat oleh Sudirman MR.

Sedangkan di sisi lain, Hiroyuki Yokoyama selaku Executive Vice President of Daihatsu Motor Company Jepang pun mengatakan, “PT ADM merupakan perusahaan manufaktur kendaraan pertama di Indonesia yang berhasil mencapai produksi hingga 5 juta unit. Saya ingin menyampaikan penghargaan atas dukungan kuat dan kerjasama erat yang telah diberikan, khususnya antara Pemerintah Indonesia dan Jepang, termasuk masyarakat setempat, supplier, distributor, diler, anggota Toyota Group, serta mitra bersama kami, yaitu Astra International dan Toyota Tsusho.”

Terlepas dari hal tersebut, kini PT ADM sendiri telah memiliki fasilitas perakitan kendaraan lokal yang berlokasi di Sunter dan Karawang dengan total kapasitas produksi mencapai 530 ribu unit per tahun. Saat ini ADM bekerjasama dengan 263 supplier komponen lapis pertama (first tier) dan 1.315 supplier lapis kedua (second tier) dan melibatkan sekira 900 ribu tenaga kerja.

Top