Akankah Ertiga Diesel Hybrid Diproduksi Secara Lokal?

Suzuki Pertimbangkan Bikin Ertiga Hybrid di Indonesia – Ramainya mobil hybrid pun kini menjarah pada setiap segmen. Terkait mobil hybrid tersebut, belum lama ini guna meramaikan pasar low multi purpose vehicle (MPV) di Indonesia maka PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun secara resmi telah meluncurkan Ertiga Diesel Hybrid pada Februari 2017 lalu. Kehadirannya langsung mendapat respons positif dari para konsumen. hal itu dibuktikan dari respon konsumen di mana dalam satu bulan saja, penjualan varian ini berada di kisaran 300 sampai 500 unit.

Ertiga responsnya oke, kemudian masih banyak orang yang bertanya. Mungkin ini buat Suzuki sesuatu yang baru, begitu juga buat diler,” ujar Setiawan Surya selaku 4W Deputy Managing Director SIS, beberapa waktu lalu.

Dengan munculnya banyak respons yang bagus maka secara responsif pula, pihaknya masih akan melihat seberapa besar permintaannya ke depan. Apabila penjualan Ertiga Diesel Hybrid ini diketahui ada peningkatan secara signifikan maka akan segera dipersiapkan langkah berikutnya, termasuk memproduksi secara lokal.

“Mungkin produksi di sini belum, lihat tahun depan. Seharusnya kalau demand besar kami harus siapkan. Intinya itu tinggal cara menyiapkannya bagaimana, apakah mungkin engine kami lokalisasi di sini ataukah kami impor mesinnya saja dari India. Sementara ini kami belum tahu masih dipelajari,” pungkas Setiawan.

Perlu untuk diketahui bahwa saat ini, Suzuki Ertiga Diesel Hybrid statusnya masih diimpor secara utuh atau completely built up (CBU) langsung dari India. Berbeda dengan versi yang berbahan bakar bensin yang saat ini sudah diproduksi secara lokal. Sementara itu, untuk bagian jantung pacunya sendiri, diketahui bahwa MPV buatan pabrik asal Jepang ini akan menggunakan mesin diesel yang diklaim bakal mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 89 ps pada 4.000 rpm dan torsi maksimal 200 nm pada 1.750 rpm.

Di sisi lain, untuk hasil uji jalan BT2MP-BPPT pada awal 2017 pun telah berhasil mencatat untuk tingkat konsumsi BBM Ertiga Diesel di mana dalam hasil uji tersebut telah mencapai 22,6 kilometer per liter. Suzuki hanya memasarkan Ertiga Diesel Hybrid dengan sistem transmisi manual.

Top