MPV Jadi Penyelamat Toyota di Kuartal Pertama Tahun Ini

Kontribusi Penjualan Terbesar Toyota di Kuartal Pertama 2017 Menjadi Milik MPV – Tiga bulan pertama di tahun 2017 telah terlewati dan Toyota Astra Motor (TAM) berhasil mencatatkan peningkatan hasil penjualan. Jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya, yakni 2016 TAM menunjukkan pertumbuhan sekitar 9,5 persen atau hasil penjualannya meningkat menjadi 93.719 unit.

Kontribusi Penjualan Terbesar Toyota Di Kuartal Pertama 2017 Menjadi Milik Mpv

Executive GM Marketing TAM, Fransiscus Soerjopranoto mengungkapkan bahwa kontributor terbesar penjualan saat ini masih dipegang oleh low multi purpose vehicle (MPV) Avanza, yang di belakangnya kemudian menyusul Calya dan Kijang Innova. Untuk keseluruhan pasar, Toyota juga berhasil meningkatkan pasar sebesar 0,7 persen, yang tadinya 36,5 persen pada tahun 2016, kini naik menjadi 37,2 persen.

Avanza tetap menjadi pemeran utama dengan penjualan rata-rata 9.000-an unit untuk setiap bulan dan hingga sekarang model ini masih menjadi kontributor terbesar. Kemudian yang kedua adalah Calya yang sudah masuk hitungan full year tahun ini dengan jumlah 6.000-an unit per bulan. Innova posisinya juga masih stabil dengan hasil penjualan sekitar 4.000 hingga 4.500 unit setiap bulannya.

Meski peningkatan SUV memang cukup pesat pada  tahun lalu, namun Toyota tampaknya masih percaya dengan kekuatan MPV. Jadi, meskipun pasarannya cukup tinggi, namun Toyota tetap bisa bertahan. Hal ini karena Toyota masih berpegang pada MPV yang dinilai menjadi salah satu kelebihannya. Sebab merek lain yang bermain di segmen SUV dan hatchback mengalami penurunan cukup signifikan.

Soerjo juga mengatakan bahwa produsen seringkali terlalu terlena dengan market baru, padahal harus tetap menjaga diri. Hal ini karena untuk pasar otomotif di Indonesia, MPV masih menjadi yang paling banyak dicari. Bahkan para rival Toyota pun masih mencoba untuk meremajakan produk-produk MPV mereka. Misalnya saja Suzuki yang akan hadir dari Mitsubishi.

Penurunan cukup signifikan yang dialami oleh merek lain dirasa oleh pihak Toyota karena mereka tidak memiliki line up yang kuat untuk segmen MPV. Sementara itu, Toyota sendiri jika berdasarkan data, mengalami kenaikan dari 36,5 persen menjadi 37,2 persen. Ini berarti Toyota memberikan kontribusi sebesar 0,7 persen untuk meningkatkan pasar.

Top