Masih Proses Studi, Toyota C-HR Siap Goyang Pasar Indonesia

Indonesia Masih Menunggu Toyota C-HR – Ketatnya persaingan di dunia otomotif membuat setiap produsen berinovasi dengan produk-produk garapannya. Salah satunya yaitu Toyota yang kabarnya siap meluncurkan Toyota C-HR, yaitu sebuah mobil konsep yang sebelumnya sudah diperkenalkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2016. Namun, hingga saat ini masih belum ada kejelasan kapan versi produksinya akan masuk pasar otomotif Indonesia. Menurut Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager TAM pihaknya pun mengaku sampai sekarang jajarannya masih melakukan studi untuk memasarkan mobil buatannya tersebut di Indonesia.

“Toyota C-HR itu kami masih studi tapi secara produk tersedia di luar negeri. Yang jelas kami masih studi kemungkinan besar (meluncur) bisa tahun ini, kalau tidak tahun ini ya tahun depan,” katanya di Jakarta pada Kamis (13/4/2017).

Di sisi lain, Soerjopranoto pun juga menambahkan bahwa kehadirannya nanti semata-mata bukan sebagai pesaing berat dengan kompetitor di kelas crossover. Akan tetapi lebih kepada menjawab kebutuhan pelanggan yang menginginkan mobil seperti pada Toyota C-HR ini.

“Bukan ke persaingan, tujuan kami sebenarnya kalau konsumen membutuhkan kami akan hadirkan. Jadi bukan serta merta kendaraan itu hadir untuk bersaing atau berkompetisi. Kalau diluncurkan tapi enggak ada yang beli buat apa,” tegasnya.

Berkenaan dengan spesifikasi, Toyota C-HR dibangun menggunakan platform modern buatannya sendiri, yaitu Toyota New Architecture Global (TNGA). Di mana memiliki ukuran dimensi  dengan panjangnya mencapai 4.350 milimeter, lebar 1.795 mm, tinggi 1.550 mm, dan wheelbase 2.640 mm. Di samping itu, sebagai salah satu perbandingan C-HR 56 mm lebih panjang dan 23 mm lebih lebar daripada Honda HR-V, tapi 55 mm lebih rendah. Sedangkan wheelbase atau jarak sumbu roda pada C-HR memiliki ukuran 30 mm lebih panjang.

Di sisi lain, perlu diketahui juga bahwa dalam proses perancangan C-HR ini, salah satu desainer Toyota pun lebih fokus pada kualitas komponen dan konsistensi tekstur bentuk, warna, dan pencahayaan di setiap elemen, bahkan pada jahitan di kursi.

Top