Sirion dan Ayla 1.2L Rentan Gesekan, Benarkah?

Perbedaan Kelas Daihatsu Sirion dan Ayla 1.2L – Kehadiran New Astra-Daihatsu Ayla 1.2L sebenarnya dirasa rentan gesekan terhadap model lain. Selain Sigra yang memiliki level harga yang tak jauh berbeda serta menggendong mesin yang sama, Ayla 1.2L diperkirakan juga memiliki potensi untuk┬ábersinggungan dengan saudaranya yang lain yaitu, Sirion yang notabene merupakan mobil perkotaan dengan bekalan mesin yang hampir sama, 1.300 cc.

Perbedaan Kelas Daihatsu Sirion Dan Ayla 1.2l

Meskipun sama-sama berada di segmen city car, namun PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menganggap bahwa Ayla 1.2L dan Sirion memiliki kelas yang berbeda. Ayla berada pada kategori mobil murah KBH2/ LCGC, sedangkan saudaranya Sirion merupakan model CBU dari Malaysia.

Dengan perbedaan kelas ini, kedua mobil sebenarnya memiliki target konsumen masing-masing sehingga konsumen Sirion tak sama dengan Ayla 1.2L. Ayla ditujukan untuk pembeli pertama, sedangkan Sirion akan menyasar konsumen yang lebih tinggi karena harganya lebih mahal dan spesifikasinya juga lebih baik.

Di sisi lain, Marketing and Customer Relation Divition Head Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, mengatakan bahwa Sirion tetap akan menjadi salah satu jajaran mobil Daihatsu sebagai opsi untuk segmen mobil perkotaan.

Menurut data yang diberikan Hendrayadi, rata-rata penjualan Sirion masih berada di angka 250an unit untuk setiap bulan. Jumlah ini memang dirasa tidak terlalu kecil karena model ini diimpor sehingga berapapun jumlanya memang tidak pernah dianggap kekecilan.

Hendrayadi juga memaparkan jika Sirion adalah produk yang lahir dari Malaysia sehingga memang tak menjadi produk khusus yang dijual untuk pasar Indonesia. Pasar untuk Sirion memang terlihat mirip dengan Ayla 1.2L yang menyasar konsumen berusia muda, akan tetapi kelasnya justru sudah berada di atas Rp 150 jutaan.

Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra juga menambahkan jika Sirion dengan hasil penjualan tersebut mampu menduduki posisi ketiga untuk segmen city car pada penjualan nasional. Hasil yang berhasil diacapai Sirion ini dirasa cukup baik apalagi jika melihat kembali pasar untuk city car akhir-akhir ini terus mengalami penurunan.

 

Top