SUV China Incar Indonesia

SUV China Incar Indonesia – Produk otomotif khususnya roda empat dari China memang belum terlalu dikenal di Tanah Air. namun, rupanya hal tersebut justru menarik minat salah satu pabrikan mobil China yang bernama Leopard untuk menyasar Indonesia sebagai pangsa pasarnya. Saat ini perusahaan tersebut bahkan sedang mencari partner untuk memasarkan produk buatannya tersebut di Bumi pertiwi.

SUV China Incar Indonesia

Hunan Leopard Auto Co Ltd merupakan perusahaan otomotif yang didirikan sejak Agustus 2013 di bawah induk perusahaan Changfeng Grup, yang merupakan BUMN China yang berdiri sejak 67 tahun yang lalu dan eksis di Changcha sejak 2003. Sebelumnya Leopard ini bernama Guangzhou Automobile Group (GAC) yang sempat memproduksi kendaraan untuk kepentingan militer yang bekerjasama dengan Mitsubishi dan Sumitomo.

Dilansir dari detikoto, 19/4/2017, General Manager Changfeng Grup, Liu Kanglin “Pasar domestik adalah target utama kami. Bila memasuki pasar internasional maka produk Anda mesti memiliki kualitas dan kapabilitas,”.

Sementara itu, dalam waktu dekat negara yang akan disasar pertama oleh Leopard ini adalah Malaysia. Dimana, Leopard akan mengikuti sebuah pameran otomotif yang digelar di Malaysia. “Kami sudah ada perjanjian dengan suplier Malaysia. Kerja sama dengan kami adalah joint production. Kami akan memasukkan kendaraan kami untuk tes pasar, riset, dan melayani pasar,” imbuh Liu.

Banyaknya pabrikan jepang yang mendominasi pasar otomotif di Asia Tenggara membuat Leopard memiliki strategi khusus yang akan digunakannya untuk dapat bersaing. Bahkan, Liu menjelaskan pernah bekerjasama dengan Mitsubishi sehingga mereka sudah mengetahui strategi apa yang harus digunakannya. “Jadi sekarang produk kami lebih bagus dari produk Jepang dalam beberapa aspek,” jelas dia.

Yang paling jelas adalah strategi pasang harga yang akan digunakannya, seperti yang akan dilakukan di Malaysia dimana SUV sekelas Pajero sport yang dimiliki Leopard ini akan dibanderol dengan harga yang lebih murah. Sementara itu, untuk pasar Indonesia ia mengatakan bahwa rancana untuk ekspansi produknya ke Tanah Air memang sudah dibahas. Namun demikian, hal tersebut belum dapat dipastikan kapan akan dilaksanakan.

Top