Calya Pimpin Pasar Mobil Murah

Segmen Mobil Murah Didominasi Toyota Calya – Segmen mobil murah ramah lingkungan atau yang juga populer dengan sebutan LCGC (Low Cost Green Car) memang tampaknya saat ini masih memiliki cukup banyak peminat. Ditambah lagi dengan kehadiran si kembar Calya dan Sigra yang turut meramaikan segmen LCGC tujuh penumpang yang memang banyak diminati.

Segmen Mobil Murah Didominasi Toyota Calya

Berdasarkan dari data penjualan wholesales Gaikindo, pada periode Januari sampai Maret 2017 total penjualan mobil yang berada di segmen LCGC sendiri sudah mencapai 64.224 unit. Capaian angka penjualan tersebut mengalami kenaikan sebesar 55,5 persen jika dibandingkan dengan hasil penjualan di periode yang sama pada tahun 2016 lalu sebab pada saat itu penjualannya hanya mencapai 41.301 unit saja.

Untuk segmen LCGC sendiri hasil penjualan masih didominasi oleh Toyota Calya. Total penjualannya pada kuartal pertama tahun ini saja mampu menembus 26.928 unit. Sementara itu, hanya untuk bulan Maret jumlah penjualannya adalah sebesar 8.657 unit. Hasil penjualan yang diperolehnya ini memang lebih besar daripada rival-rivalnya di kelas yang sama.

Posisi kedua tak bisa dipungkiri menjadi milik kembarannya sendiri, yaitu Daihatsu Sigra. Pada bulan Maret lalu, Sigra berhasil mencatatkan penjualan sebesar 2.698 unit. Sedangkan jumlah total penjualan Sigra untuk tiga bulan pertama di tahun 2017 mencapai 9.904 unit.

Yang menarik adalah jika dibandingkan dengan Toyota Agya, Daihatsu Ayla malah lebih laris di pasaran sebab penjualannya dari Januari hingga Maret mampu menembus angka 9.200 unit yang membuatnya bertengger di posisi ketiga. Sementara Agya hanya mampu menyumbang penjualan sebesar 5.807 unit dan puas dengan posisi kelima.

Posisi Agya ternyata juga berhasil disalip oleh Brio Satya yang berada di urutan keempat dengan total penjualan sebesar 3.106 unit pada bulan Maret. Sedangkan untuk tiga bulan pada tahun 2017 ini, Agya berhasil terjual sebanyak 8.342 unit.

Datsun Go dan Go+ mengisi posisi selanjutnya dengan jumlah total penjualan dari januari hingga Maret sebanyak 2.344 unit. Di belakangnya, menyusul Wagon R yang notabene menempati posisi terakhir dengan catatan penjualan sebesar 1.699 unit untuk periode waktu yang sama di tahun 2017 ini.

Top