Indonesia Jadi Pengekspor Terbesar Yamaha

Basis Ekspor Yamaha Terbesar di Dunia Menjadi Milik Indonesia – Meski kiprahnya di pasar domestik tidak terlalu terdengar seperti lawan tangguhnya Honda yang sangat populer, namun Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ternyata justru cukup punya nama di ranah global. Indonesia bahkan disebut sebagai pengekspor terbesar merek Yamaha yang ada di Indonesia.

Basis Ekspor Yamaha Terbesar Di Dunia Menjadi Milik Indonesia

Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor, Dyonisius Beti, menjelaskan bahwa ekspor merek Yamaha dikategorikan menjadi dua era, yaitu berawal dari tahun 1997 atau tepatnya 20 tahun yang lalu. Kemudian, ekspor berlanjut lagi pada tahun 2014 yang diketahui menyasar pasar di negara-negara Benua Eropa serta  wilayah-wilayah lain di dunia yang menjadi pasar baru untuk Yamaha.

Dyon memaparkan jika Indonesia menjadi pabrikan terbesar untuk ekspor Yamaha di dunia dan untuk ekspornya pihak Yamaha Indonesia memiliki dua kategori. Ekspor pertama kali dilakukan pada tahun 1997 untuk produk umum atau jenis motor tertentu yang bisa diproduksi di Indonesia, Thailand, atau Filipina agar bisa diekspor ke negara lain, misalnya Amerika Selatan.

Dyon juga menambahkan jika pada tahun 2014, Yamaha Indonesia mulai memproduksi model yang bisa berlaku secara global. Langkah ini terlihat ketika Yamaha mulai memberlakukan aturan satu tipe yang akan dipasarkan di seluruh dunia dan model ini hanya diproduksi di satu pabrik atau wilayah saja, yang tak lain merupakan Indonesia.

Hingga saat ini, Yamaha paling tidak sudah mengekspor ke empat benua serta lebih dari 40 negara yang ada di dunia. Model global untuk ekspor yang pernah diproduksi oleh Indonesia seperti R25, R3 dan juga NMAX. Sementara itu, model global terbaru Yamaha racikan Indonesia yang kini tengah hangat di pasar ekspor tentu saja XMAX 300 atau 250.

Sampai saat ini, total produk yang telah diekspor oleh Yamaha sudah tercatat lebih dari satu juta unit. Di samping keempat model global tersebut, masih ada model lain yang ternyata juga masuk ke dalam daftar ekspor Yamaha, model yang dimaksud tak lain adalah Force 115, Xabre 150, MT25, dan Soul GT 125.

Top