Astra Mengaku Iklas Lepas Saham TAM ke Toyota

Grup Astra Legowo Lepas Saham TAM ke Toyota – Januari 2017 kedudukan PT Astra International Tbk (grup Astra) Toyota Motor Corporation (TMC) sama kuat atas kepemilikkan saham PT Toyota Astra Motor Corporation (TMC) lantaran Grup Astra melepas 1 persen sahamnya ke TMC, sehingga kini porsinya sudah sama kuat sebanding 50:50 yang sebelumnya 51:49. Belum ada pernyataan resmi saat itu. Kini usai melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Kamis, (20/4/2017), Presiden Direktur grup Astra Prijono Sugianto angkat bicara.

Perubahan komposisi kepemilikan saham antar Grup Astra dan TMC untuk TAM cuma perkara untuk memperkuat perusahaan. “Ini adalah cermin bahwa perusahaan yang selama ini jointly manage atau dikelola bersama diperkuat. Memang dalam beberapa dekade, 51 persen saham TAM dimiliki oleh Astra, tetapi dalam praktik sehari-hari, itu tidak ada bedanya, dengan kewenangan TMC,” ujar Prijono.

Prijono pun mengambil contoh perusahaan yang ada di bawah naungan Grup Astra lainnya, yakni PT Astra Honda Motor (AHM) yang kepemilikan sahamnya juga 50:50, antara Astra dan Honda Motor Corporation Jepang. Semua keputusan yang diambil dilakukan bersama. Prijono pun menegaskan bahwa ketika saham Astra untuk TAM 51 persen manjadi 50 persen bukan berarti ada sesuatu yang hilang.

“Kalau Anda tanya, apakah melepas saham adalah tekanan, saya kira tidak. Pada akhirnya 51 persen pun juga jointly menage. Enggak bisa keputusan yang diputuskan sendiri baik di Jepang maupun di Indonesia, semua keputusan di ambil sama-sama,” ucap Prijono.

Sebelumnya telah beredar dari sumber internal perusahaan bahwa hubungan antara Astra dan TMC sedikit renggang. Dilepasnya saham 1 persen diharapkan akan menjadi langkah konsolidasi kedua pihak agar bisa mencair. Prediksi bahwa dengan perubahan komposisi kepemilikan saham ini, akan ada pergeseran posisi pada puncak pimpinan. Nyatanya Presiden Direktur TAM Hiroyuki Fukui digantikan oleh Yoshihiro Nakata. Sementara wakil Astra masih diduduki Henry Tanoto sebagai wakil Presiden Direktur.

Top