Yaris Belum Bisa Kalahkan Jazz

Honda Jazz Masih Terlalu Kuat untuk Yaris – Kondisi di pasar hatchback untuk saat ini memang tidak semanis jika dibandingkan dengan dua atau tiga tahun yang lalu. Meski begitu hingga saat ini peminat mobil yang berada di segmen tersebut masih tetap ada sehingga para pabrikan otomotif yang ingin bermain di segmen ini pun masih memiliki potensi.

Honda Jazz Masih Terlalu Kuat Untuk Yaris

Jika melihat data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), secara wholesales penjualan mobil yang memiliki segmen hatchback pada bulan Maret 2017 jumlahnya mencapai 3.494 unit. Jumlah penjualan ini meningkat dari bulan Februari yang pada saat itu hanya tercatat sebanyak 2.783 unit saja.

Dari begitu banyaknya mobil yang bermain di segmen ini, terlihat hanya dua hatchback saja yang sampai sekarang masih terus berkompetisi. Kedua mobil tersebut tak lain adalah Toyota Yaris dan Honda Jazz. Sementara itu, untuk saat ini Jazz masih menjadi pemain utama di segmen ini dengan catatan hasil penjualan untuk periode Januari hingga Maret 2017 mencapai 5.229 unit, sedangkan untuk Yaris 3.912 unit.

Untuk bulan Maret sendiri, Jazz tercatat memberikan kontribusi penjualan sebanyak 1.951 unit. Sementara itu rival terkuatnya, Yaris untuk periode yang sama hanya mampu menjual sebanyak 1.365 unit.

Posisi ketiga menjadi milik Kia Rio dengan hasil penjualan sebanyak 117 unit pada periode sepanjang Januari dan Maret 2017 dan 23 unit hanya untuk bulan Maret saja. Suzuki Swift menyusul di urutan selanjutnya dengan penjualan sebesar 43 unit di bulan Maret dan 92 unit untuk selama periode Januari hingga Maret 2017. Setelah itu, posisi berikutnya ditempati oleh Hyundai i20 yang dalam tiga bulan pertama di tahun 2017 ini sanggup terjual sebanyak 26 unit.

Sedikit beralih ke segmen hatchback premium, Mini Cooper sepertinya menjadi salah satu model yang menunjukkan hasil positif untuk penjualan dalam waktu tiga bulan pertama dia tahun 2017. Untuk sepanjang bulan Januari hingga Maret mobil tersebut sanggup mencatatkan penjualan sebanyak 104 unit. Sementara itu, VW Polo mengikuti di posisi belakangnya karena pada periode yang sama mampu terjual sebanyak 92 unit.

Top