Pajak Diturunkan, Honda Siap Produksi Sedan Lokal?

PPnBM Mobil Sedan Terlalu Tinggi – Selama ini sedan memang masih dianggap sebagai salah satu penentu status sosial sang pemilik. Hal tersebut memang bukan tanpa alasan, pasalnya sedan memang dinilai memiliki tampilan yang lebih mewah dan harganya yang lebih mahal dibanding mobil-mobil jenis lain. Sejalan dengan hal tersebut, saat ini pun sedan masih dikenakan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM).

PPnBM Mobil Sedan Terlalu Tinggi

Hal tersebut nampaknya berdampak cukup buruk terhadap penjualan mobil jenis ini. Pasalnya, penjualan sedan kian hari disebut-sebut semakin menurun. Terkait dengan hal tersebut, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengusulkan pemerintah untuk menurunkan PPnBM agar pasar mobil jenis sedan ini kembali bergairah.

Namun demikian, jika nanti pajak tersebut di turunkan, salah satu produsen mobil di Indonesia Honda, nampaknya belum tertarik untuk membuat dan memproduksi sedan secara lokal. Hal ini berbanding terbalik dengan sang rival kuat Honda yakni Toyota, yang sudah berniat untuk memproduksi Vios di Indonesia.

Dilansir dari oto.detik.com Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT HPM, Jonfis Fandy, di Tangerang mengatakan, bahwa pihaknya akan melakukan studi terlebih dahulu jika memang pajak tersebut diturunkan. “Ya kita akan studi, saya nggak bisa tahu karena peraturan saya gak tahu, sama nanti ada hubungan dengan yang lain-lain. Pemerintah kan tidak menurunkan pajak serta merta gitu tapi industri nggak bisa terima serta merta,” ungkapnya.

Ia juga menanggapi Toyota yang memproduksi sedannya secara lokal. “Toyota saya tahu karena sudah produksi Vios tapi itu kan karena dia ada taksi dulunya, tapi sekarang ada Uber segala dan beralih ke 7-seater, taksi konvensional pun jadi 7, apakah volumenya akan besar seperti itu lagi karena kan tidak ada proteksi taksi sekarang,” lanjut Jonfis.

Seperti telah dikatakan di atas bahwa penjualan mobil jenis sedan memang semakin hari semakin menurun akibat tingginya PPnBM yang terapkan untuk segmen tersebut. bahkan tidak hanya sedan pribadi namun juga sedan yang notabebene di produksi untuk kendaraan taksi seperti Toyota Vios Limo. PPnBM untuk sedan berkisar antara 30 persen untuk sedan dengan kapasitas dibawah 1.500 cc hingga 125 persen untuk sedan diatas 3.500 cc.

Top