Ignis Bukan Ancaman Bagi Karimun

Suzuki Pastikan Ignis Tak Akan Ganggu Karimun – Suzuki Indomobil Sales (SIS) diketahui melepas Ignis di pasaran dengan harga yang hampir sama dengan Karimun Wagon R. Meski begitu, Suzuki mengklaim kalau Ignis tak akan mengganggu pasar mobil murah ramah lingkungan (LCGC) yang menjadi tempat bermain dari Suzuki Karimun Wagon R.

Suzuki Pastikan Ignis Tak Akan Ganggu Karimun

4W Marketing Research, Data Analysis and ATL Manager SIS, Rifkie Setiawan menyatakan bahwa meskipun kedua mobil tersebut memiliki banderol harga yang mirip, namun Ignis dan Wagon R memiliki segmen yang berbeda sehingga dirinya berani memastikan kalau pasar keduanya tidak akan bertabrakan ataupun mengganggu satu sama lain.

“Memang harganya selisih tipis  dengan Karimun Wagon R, namun target pasarnya dari kedua mobil tersebut berbeda. Kami yakin pasar Wagon R tidak akan dimakan oleh Ignis karena tujuan pembelian dari keduanya juga berbeda,” ucap Rifkie, KompasOtomotif, Rabu (26/04/2017).

Rifkie juga berpendapat jika Karimun Wagon R memiliki pasar yang sudah terbentuk cukup kuat sejak lama dan ini membuat mobil tersebut tak mudah goyah dengan kehadiran mobil-mobil baru, tak terkecuali model baru yang bermain di segmen yang sama. Selain itu, konsumen yang membeli Wagon R juga lebih mengutamakan fungsinya dibandingkan dengan fitur-fitur yang ditawarkannya.

Perbedaan harga yang besarnya hanya Rp 2 juta hingga Rp 3 juta walaupun terlihat sangat tipis namun tetap menjadi pertimbangan untuk para konsumen Wagon R. Mereka sepertinya lebih berfokus pada masalah fungsi sehingga cukup berbeda dengan para konsumen Ignis. Oleh sebab itu, jika dilihat dari strateginya, kedua mobil tidak akan saling bergesekan untuk ketika berada di pasar.

Untuk diketahui,  dalam urusan perlindungan perbedaan harga antara Karimun Wagon R GS AGS Airbag yang dipasarkan adalah sebesar Rp 133 juta, selisihnya hanya sekitar Rp 6,5 juta dengan Ignis GL MT yang dilepas ke pasaran pada angka Rp 139,5 juta. Selisih harga yang tidak terlalu jauh ini memang dirasa cukup menggoda bagi para calon pembeli mobil murah ramah lingkungan andalan Suzuki yang satu ini.

Top