Honda Civic Type R 2018 Berhasil Taklukan Sirkuit Nurburgring

Honda Civic Type R Pecahkan Rekor – Siapa sangka bahwa untuk menjadi mobil super cepat tak hanya dimiliki oleh tipe supercar. Pasalnya, anggapan tersebut terpecahkan oleh calon mobil terbaru buatan Honda, yaitu All New Civic Type R 2018. Di mana mobil baru buatan Honda ini baru saja didapuk sebagai salah satu yang tercepat untuk kategori mobil Front-Wheel Drive (penggerak roda depan). Honda Civic Type R ini berada di kelas hot hatch berhasil menaklukkan di Sirkuit Nurburgring Nordschleife, Jerman.

Terkait laporan tersebut, jika mengutip atas keterangan tertulis dari pihak Honda sendiri pada Selasa (25/4/2017), diakui bahwa Civic Type R terbaru garapan pabrik asal Jepang ini telah mencetak rekor waktu 07 menit 43,80 detik. Capaian angka tersebut diklaim lebih cepat tiga detik dibandingkan pemegang rekor sebelumnya.

Selain itu, selam proses pengujian tersebut, Honda pun diketahui juga masih mengandalkan tipe standar yang sudah disesuaikan dengan spesifikasi pada versi mobil produksi massal. Namun, hanya saja memang ada beberapa atau sebagian modifikasi yang diterapkan. Meskipun demikian adanya, hal itu tetap sesuai standar keselamatan balap.

Di sisi lain, mendasarkan atas laporan dari pihak Honda sendiri, menurut Ryuichi Kijima selaku Chassis Engineer Honda All New Civic Type R (FK8) pun mengungkapkan bahwa kecepatan mobil tersebut juga tak luput dari bobot yang memang dirasa lebih ringan 16 kliogram dibanding pada model sebelumnya. Dengan begitu maka tentu sangat wajar apabila respon mobil tersebut lebih baik dan tetap stabil ketika berada pada tikungan tajam sekalipun.

Berbicara mengenai spesifikasi pada sisi eksteriornya, Honda All New Civic Type R sendiri apabila diperhatikan lebih detail memang mengalami perubahan yang bisa dikatakan cukup signifikan. Pasalnya, jika dilihat dari sisi desain tampilan fisiknya, terlihat bahwa adanya penggunaan Sporty Front Grill, Sporty Front & Rear Bumper, Sporty & Rear Lower Bumper, Sporty Bonnet, Front & Rear Fenders serta Sporty Alloy Wheel. Sedangkan, tak ketinggalan pula bahwa untuk sistem pengeremannya sendiri, All New Civic Type R menggunakan paket sistem pengereman dari Brembo.

Sementara itu di sisi lain, untuk sektor jantung pacunya sendiri, hatcback mewah buatan Honda ini telah dibekali mesin Honda VTEC Turbo Earth Dreams Technology berkapasitas 2.0 liter 4 silinder, direct injection segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 315 Tk dan torsi 400 Nm. Nantinya, tenaganya yang super besar tersebut akan dikawinkan dengan sistem transmisi 6 percepatan manual. All New Civic Type R juga memiliki fitur baru berupa tombol “+R” yang memberikan sensasi berkendara ekstrim pada pengemudi.

Terlepas dari hal tersebut, sebagai tambahan informasi saja bahwa Honda All New Honda Civic Type R (FK8) akan mulai memasuki tahap produksi secara massal pada musim panas 2017. Selain itu, mobil asal Jepang tersebut akan segera diproduksi di pabrik Honda di Swindon, Inggris. Bahkan, menurut rencana yang telah diketahui, All New Civic Type R akan mulai dijual terlebih dahulu di benua Eropa dan setelah itu diekspor ke berbagai kawasan lainnya seperti Amerika Serikat dan Asia termasuk Jepang.

Top