Kabar VW Jual Duati Kembali Terdengar

Kabar Dijualnya Ducati oleh VW Kembali Semakin Santer – 2016 lalu sempat mencuat kabar akan dijualnya Ducati kini kembali mengemuka. Memang berita ini masih belum dikonfirmasi oleh pihak Volkswagen sebagai pemilik sahamnya, tapi kemungkinan dilepasnya Ducati semakin nyaring di telinga. Kabar ini berasal dari dua sumber Reuters, Rabu (25/4/2017) yang mengetahui rencana tersebut, kembali memberikan informasi. Volkswagen mempertimbangkan kemungkinan menjual Ducati, dan berusaha untuk merampingkan operasi mendanai perombakan strategis pasca Dieselgate.

Pihak Volkswagen sendiri telah mulai menjangkau pembeli potensial. Namun sampai saat ini belum ada keputusan yang diambil oleh pihak nya. VW juga sudah menugaskan analis dari Evercore untuk melakukan penilaian terhadap Ducati.

Penjualan merek Ducati kemungkinan besar akan menarik minat kelompok produsen otomotif di China, Hero India atau investor seperti salah satu konsorsium yang membeli mobil sport Inggris, Aston Martin pada 2007 silam. Bahkan ada kemungkinan juga pesaing seperti Harley Davidson, Kawasaki, dan Honda bis sangat tertarik.

Pada bulan Juni 2016 lalu pihak VW mengatakan bahwa mereka aka meninjau portoplio aset dan mereknya. Situasi tersebut mengiring opini para analis, dimana kemungkinan bisnis non-inti Volkswagen seperti Ducati atau bisnis mesin diesel untuk alat berat dijual.

Matthias Mueller, Chief Executive saat dijumpai pada konferensi pers tahunan 14 Maret 2017 lalu mengatakan, kalau tinjauan ini telah menghasilkan kesimpulan, namun sampai saat ini produsen mobil tersebut masih belum mengumumkan apa-apa. Pada 2016 lalu, Ducati juga membukukan penjualan 593 juta euro atau sekitar Rp 8,6 triliun. menurut sebuah laporan tahunan yang diumumkan pihak Audi. Ducati diakuisisi Volkswagen AG pada 2012 lalu dengan gelontoran dana mencapai 860 juta euro atau sekitar Rp 12 triliun.

Audi merupakan perusahaan yang menjadi perantara ketika VW mengakuisisi Ducati. Perusahaan sepeda motor Italia tersebut juga sudah berkontribusi banyak untuk VW. Merek lain yang dibeli oleh VW yaitu MAN dan Scania yang merupakan produsen truk, Porsche dan komponen masin kapal.

Top