Tahun 2019, MPV Nissan Garapan Pabrik Mitsubishi Siap Diluncurkan

Nissan Serahkan Pembuatan MPV pada Mitsubishi – Tak lama lagi, kerjasama yang dilakukan antara Nissan dan Mitsubishi akan mulai menampakkan hasilnya. Pasalnya, saat ini diketahui bahwa sudah ada pabrik baru Mitsubishi yang berdiri di kawasan industri di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Tentu, hal tersebut menjadi suatu aspek kunci yang menunjukkan bukti dari aliansi antara Nissan dan Mitsubishi.

Berkaitan dengan pabrik baru tersebut, tampaknya pabrik yang diketahui mampu memproduksi sekitar 160 ribu unit mobil per tahun ini disebut-sebut bakal menjadi lokasi untuk memproduksi mobil MPV dengan emblem Nissan. Perlu diketahui juga bahwa MPV ini sendiri nantinya dibangun dengan menggunakan platform small MPV Mitsubishi.

Di samping itu, Trevor Mann selaku Chief Operating Offier (COO) of Mitsubishi Motors yang beberapa waktu lalu khusus datang ke Indonesia dalam rangka peresmian pabrik baru Mitsubishi itu pun telah mengatakan bahwa pada mulanya usulan pembangunan dengan platform yang sama berawal dari Nissan.

“Mereka bilang, bagaimana kalau kerja sama dengan pengembangan platform yang sama? Kami jawab ya,” ujarnya.

Kemudian pada akhirnya juga pihaknya telah bersepakat akan hal tersebut. Di sisi lain, Mann sendiri juga mengatakan bahwa meski dibangun dengan mengandalkan plaftorm yang sama namun Nissan tetap akan terus melakukan riset secara lebih mendalam, misalnya seperti apa desain yang paling sesuai.

“Dua sampai tiga tahun (muncul). Kemungkinan besar 2019,” terangnya.

Maka, dengan demikian tentunya sudah bisa dipastikan bahwa jenis kolaborasi keduanya tidak sama dengan model Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang dinilai cenderung hanya “rebadge” saja. Selain itu, hal ini bukan kali pertama keduanya memutuskan akan berbagi plaftorm sejak resmi beraliansi pada akhir tahun 2016 lalu. Mereka, misalnya, telah terlebih dulu mendiskusikan kemungkinan pembangunan pikap bersama dengan platform yang sama.

Top