Siap-Siap Honda Bakal Produksi Motor Listrik di Indonesia

Honda Siap Produksi Motor Listrik di Indonesia – Raksasa sepeda motor roda dua asal Jepang, Honda menyebutkan bakal memperkenalkan model motor bebek listrik di 2018, secara global (EV-Cub). Lalu informasi terbaru dari PT Astra Honda Motor (AHM) Indonesia juga bakal memproduksi motor listrik tersebut. Memang masih belum jelas apakah Indonesia bakal menjadi basis produksi dunia untuk motor listrik ini atau hanya sekedar memenuhi kebutuhan domestik saja.

Memang akan sulit jika investasi line produksi baru hanya untuk pasar dalam negeri yang permintaan serta infrastrukturnya belum mapan, jadi kemungkinan besar bakal di ekspor. “Sebelumnya tahun lalu kami sudah mengatakan kalau kami akan memproduksi EV-Cub tahun depan, dan memang target kami memang tahun depan. Dimana bakal memproduksi model motor listrik 2016. Namun sampai saat ini masih belum diketahui apakah itu EV-Cub atau ada model lainnya,” ucap Toshiyuki Inuma, Presiden Directur AHM, KompasOtomotif, Jumat (28/4/2017).

Semangat ini juga semakin mengemuka pasca hadirnya Peraturan Presiden nomor 22 Tahun 2017 mengenai Rencana Umum energi Nasional (RUEN) menyebutkan kalau Indonesia harus sudah memiliki populasi sepeda motor listrik sebanyak 2,1 juta unit di 2025.

“Sat ini kami sedang mempelajari lebih jauh mengenai hal tersebut. Angka yang ditetapkan memang cukup tinggi, dan ini menjadi sebuah tantangan sendiri, tapi kami akan terus menantang diri kami sendiri,” ujar Inuma. Bukan hanya Honda jika tetap ada jalurnya, calon skutik nasional Gesits garapan Grup Garansindo dan Institut Sepuluh November (ITS) juga sudah bakal lebih dahulu melakukan massal diakhir 2017 atau pada awal 2018.

Produksi secara massal Gesits akan dilakukan Januari 2018 dan akan dimajukan pada November-Desember tahun ini. ITS Surabaya yang bermitra dengan Garansindo  akan memproduksi motor listrik di Cileungsi, Jawa barat. Sementara itu baterai yang menjadi salah satu komponen utama Gesits dirancang bisa dilepas pasang untuk menjawab isu soal kemampuan daya jelajah. Baterai pengganti juga akan disediakan di sejumlah gerai seperti minimarket yang telah bekerjasama dengan Garansindo.

Top