Honda PCX dan SH150i Dibekali Mesin Serupa

Mesin Honda PCX sama dengan SH150i – Belum lama ini, dikabarkan bahwa PT Astra Honda Motor (AHM) selaku agen pemegang merek penjualan sepeda motor Honda di Indonesia, resmi meluncurkan skuter matik (skutik) premium bergaya Eropa yang mengusung nama SH150i. Model skutik mewah baru ini tampil begitu elegan dan berkelas di mana dihadirkan untuk sajian bagi konsumen kelas atas. Bahkan, kehadirannya pun menjadi produk yang menemani skutik PCX dengan tampilan yang juga mengedepankan unsur luxury.

Jika dilihat dari segi penampilan, tampaknya bisa dibedakan antara PCX dengan SH150i yang memiliki bentuk desain berbeda. Namun ada satu kesamaan yaitu pada sektor jantung pacunya. Di mana untuk SH150i menggunakan mesin yang hampir sama seperti PCX.

“Dia (SH150i) mesin hampir sama dengan PCX cuma ada beberapa perbaikan,” ujar Johannes Loman selaku Executive Vice President Director AHM belum lama ini.

Apabila menilik lebih detail pada sepsifikasinya, skutik Honda PCX sudah dibekali dengan mesin 4 langkah tipe SOHC yang sudah dilengkapi dengan teknologi eSP dan mengandalkan sistem pendingin cairan serta memiliki kapasitas mesin sebesar 153 cc. Mesin ini diklaim bakal mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga 9,9 kW pada putaran roda 8.500 rpm dengan torsi puncak 13,7 nm pada 5.500 rpm. Sedangkan di sisi lain, untuk tipe Honda SH150i sendiri pakai mesin serupa namun tenaga yang dikeluarkan sedikit berbeda yaitu 10,9 kW pada 8.250 rpm dan torsi maksimal 13.9 nm pada 6.500 rpm.

Meskipun secara segmen pasar yang dituju sama berada di kelas premium, akan tetapi menurut Loman keduanya memiliki konsep yang berbeda. “PCX beda keluarga dengan SH150i. PCX itu skuter elegan tapi kalau SH luxury sedikit lebih gagah. Selain itu bodinya lebih besar juga dilengkapi dengan smart key dan wheel 16 inci, jadi lebih besar,” katanya.

Di sisi lain, perlu untuk diketahui juga bahwa Honda SH150i diboyong ke pasar otomotif Tanah Air dalam bentuk utuh (completely built up/CBU) langsung dari Vietnam dengan harga Rp 44,9 juta on the road Jakarta. Skutik premium yang menjadi pesaing dari Piaggio Medley ini menyasar kaum usia muda dan tua yang sudah mapan. Motor ini mulai dipasarkan pada Juni 2017 di Wing Dealer Honda.

Top