Honda Tak Lagi Produksi CR-V Terbaru Bertransmisi Manual

Honda CR-V 2017 Terbaru Andalkan Transmisi CVT – Kini, Honda dikabarkan tak akan lagi hadirkan SUV CR-V dengan sistem transmisi manual. Bahkan, saat ini sudah ada tiga varian baru dari jajaran Honda CR-V yang baru diprkenalkan┬ákemarin (27/4) pada ajang IIMS 2017. Ketiga varian terbaru tersebut yakni tipe 2,0 liter, 1,5 liter Turbo, dan 1,5 liter Turbo Prestige. Seluruh tipe CR-V 2017 tersebut dilengkapi dengan sistem transmisi continuously variable transmission atau CVT, bukan manual.

Dengan diperkenalkannya varian terbaru dari jajaran CR-V 2017 tersebut maka secara tak langsung untuk sistem transmisi CVT yang dipakai praktis menggantikan transmisi manual (MT) yang sebelumnya diterapkan menemani transmisi lainnya. Hal ini bukan tanpa sebab. Pasalnya, sistem transmisi tersebut dinilai tidak menguntungkan bagi perusahaan asal Jepang itu.

Berkaitan dengan itu, Jonfis Fandy selaku Marketing & After Sales Service Director Honda Prospect Motor (HPM) pun juga mengatakan bahwa satu-satunya alasan perusahaan menghilangkan transmisi itu adalah angka penjualan yang kecil.

“Dari story penjualan kami, CR-V transmisi manual kecil sekali. Kurang dari lima persen,” ujarnya di booth HPM di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 yang dihelat di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada Jumat (28/4/2017) kemarin.

Kabar tersebut pun juga sudah terkonfirmasi melalui data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Dalam laporannya itu, sepanjang tahun 2016 lalu, Honda CR-V 2,0 MT terjual sebanyak 768 unit dari total penjualan sebesar 7.853 unit, atau setara 10 persen. Sebuah angka penjualan yang cukup kecil dari target penjualan secara keseluruhan. Sementara itu di sisi lain, untuk varian terbesar adalah CR-V 2,4 AT Prestige di mana dikabarkan telah mencapai penjualan hingga mencapai angka 3.099 persen atau setara 39 persen total penjualan.

Melihat data penjualan tersebut maka Jonfis menilai, kondisi ini tidak merugikan. Justru data tersebut merupakan salah satu cerminan dari kebutuhan masyarakat yang ingin kendaraan dengan lebih fungsional, meski harganya lebih mahal. “Konsumen memang beralih ke CVT karena lebih fungsional,” terangnya.

Di sisi lain, berkaitan dengan harga All new Honda CR-V, menurut kabar yang beredar nantinya akan dilepas mulai Rp 432 juta sampai Rp 506 juta. Ada tujuh varian warna yang diterapkan, di antaranya crystal black pearl, modern steel metalic, lunar silver metallic, white orchid pearl, dan passion red pearl.

Top