Ini Dia Muka Lama Yang Masih Jadi Andalan di IIMS 2017

Muka Lama Yang Masih Jadi Andalan di IIMS 2017 – Ditengah maraknya berbagai mobil model baru yang bertebaran di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, terselip muka-muka lam yang masih menjadi andalan. Mereka sebagian besar menunggu model baru dan sepertinya pasrah dengan hasil penjualan. Ada beberapa nama yang muncul di kategori lawas atau muka-muka yang tak asing lagi yang sedang menantikan nasib selanjutnya. Diantaranya yaitu:

1. Mitsubishi Outlander Sport, SUV medium ini terakhir dilakukan penyelenggaraan pada 2014, sudah tiga tahun lamanya model seperti ini menantikan keberuntungan di setiap pameran. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun lalu, total penjualan Outlander Sport hanya 1.812 unit dari 97.758 unit total Mitsubishi sudah termasuk kendaraan niaga. Bahkan tiga bulan pertama tahun ini bertambah lesu, dan hanya terjual rata-rata 70-90 unit sebulan.

2. Kia Picanto, Model ini juga sedang menanti ajal. Bahkan Presiden Direktur PT Kia Mobil Indonesia Iki Wibowo sudah membocorkan bahwa generasi yang sekarang sedang memasuki sisa masa hidup. Facelift sudah dilakukan pada awal 2015 lalu. Namun tetap saja pamornya mulai tertelan oleh LCGC. Penjualan flat terus rata-rata terjual hanya 20 unit per bulan sejak tahun lalu hingga kuartal pertama 2017.

3. Nissan Grand Livina, seharusnya model ini sudah mengalami penyegaran signifikan kembali. Model yang ada saat ini sudah mengaspal sejak 2013, alias sudah hampir mencapai empat tahun meski ada beberapa facelift dalam fase tersebut. Dari hasil penjualan juga kurang menyegarkan, rata-rata 200-500 unit sebulan tahun lalu, dan pada kuartal pertama tahun ini naik sedikit menjadi 600-900 unit per bulan.

4. Karimun Wagon R. Untuk merek ini belum ada perubahan signifikan sejak muncul pertama kali pada 2014 silam. Tetapi Suzuki Indomobil Sales SIS berupaya untuk terus melakukan update dengan menghadirkan tipe GS, dan juga tranmisi Automated Gear Shift (AGS) pada2015 silam. Dikabarkan pula pada 2015 lalu akan ada model baru di tahun ini Termasuk tipe dengan konfigurasi tempat duduk tujuh penumpang. tiga bulan pertama tahun ini terjual flutuatif 500-800 unit sebulan.

5. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia kembar yang satu ini rasanya tak memerlukan model baru. Model yang saat ini adalah generasi kedua sejak muncul pada 2011 lalu diperbarui pada 2015 dengan nama Grand New Avanza dan Great New Xenia. Mereka berdua masih menjadi tulang punggung dan sepertinya hanya butuh penyegaran sedikit saja. Avanza masih terjual 10.000-13.000 unit sebulan pada kuartal tahun ini sementara Xenia bertahan di 3.000-4.000 unit sebulan. Lalu yang terakhir ada Mazda CX-5 model ini juga menanti model terbarunya. CX-5 masih menjadi tulang punggung hingga akhirnya muncul CX-3 yang kemungkinan akan mengurangi penjualan dimasa yang akan datang. Tahun lalu CX-5 terjual sekitar 1.300 unit.

Top