Toyota Mulai Serius Bermain di Segmen Millenial

Toyota Manfaatkan Pertumbuhan Segmen Millenial – PT Toyota Astra Motor (TAM) tampaknya cukup menyadari ledakan usia produktif (bonus demografi) di dalam negeri dan semakin berkembangnya segmen millenial. Meski demikian, TAM untuk saat ini masih belum memiliki angan-angan jika segmen baru ini akan mampu memberikan keuntungan yang maksimal untuk perusahaan.

Toyota Manfaatkan Pertumbuhan Segmen Millenial

Pertumbuhan yang cukup pesat itu akan terjadi tahun ini dimana usia produktif (15 hingga 64 tahun) jumlahnya akan lebih besar dibandingkan dengan usia non-produktif (0-14 tahun). Era ini akan muncul dengan semakin meningkatnya jumlah golongan menengah, namun tentu saja saat Indonesia sudah mampu untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) menyampaikan bahwa hal ini masih menjadi perdebatan. Bahkan dirinya kembali mengingatkan pesan dari Menteri Keuangan bahwa nantinya penduduk berpenghasilan menengah akan menjadi perhatian. Pasalnya, kondisi akan menjadi sulit ketika jumlah penduduk di kelas ini meningkat namun tidak diiringi dengan pengeluaran untuk konsumsinya sehingga kegiatan ekonomi tidak akan berjalan dengan optimal.

Meski begitu, Toyota sudah mengetahui akan munculnya fenomena tersebut dan kemungkinan juga akan menjadikannya sebagai kesempatan baru. Arah yang dituju tentu saja merupakan pertumbuhan industri otomotif di masa depan.

Soerjo juga menambahkan jika kebangkitan segmen muda (millenial) membuka kesempatan baru untuk TAM menjadi poin pertamanya. Kemudian, adalah pendapatan pada kelas menengah. Jadi, kedua faktor tersebutlah yang rupanya tengah menjadi pertimbangan pihak TAM apakah bisa sejalan dengan yang diinginkan oleh pemerintah sehingga pasar otomotif benar-benar bisa terjaga. Karena apabila yang terjadi sebaliknya, pasar otomotif justru bisa menurun di bawah tahun lalu.

Presiden Joko Widodo menyampaikan kalau era ini akan bermula pada tahun 2020 dan titik kulminasinya akan terjadi pada 2030. Akan tetapi periset dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan jika bonus demografi sudah akan dimulai pada 2017 hingga 2019.

Untuk mengakomodasi segmen millenial (20 hingga 30 tahun) tersebut, maka TAM mengarahkan produknya ke Yaris, khususnya Yaris Heykers dan beberapa model lain seperti Agya dan Calya.

Top