Suzuki Segera Luncurkan Motor Bermesin Turbo

Suzuki Daftarkan Hak Paten Motor Mesin Turbo – Belum lama ini, salah satu p[abrik otomotif asal jepang yang bernama Suzuki mengajukan paten baru untuk sepeda motor di US Patent Office, Amerika Serikat (AS). Pada motor yang dipatenkan ini, digambarkan sebuah mesin yang dilengkapi dengan perangkat turbocharger. Seperti apa ya kira-kira?

Sebelumnya, perlu untuk diketahui dulu bahwa Turbocharger adalah sebuah kompresor sentrifugal yang  memiliki tugas”membalik” gas buang kembali ke dalam mesin. Proses ini dilakukan agar tekanan udara yang memasuki pada ruang bakar semakin terkompresi. Sehingga implikasinya, mesin akan punya tenaga yang lebih besar.

Berdasarkan laporan yang dilansir dari visordown.com, diketahui bahwa Suzuki menyebut mesin baru ini dengan nama EX7. Selain itu, dikatakan juga bahwa EX7 adalah mesin dengan kapasitas kubikasi mesin hingga 600 cc. Tak cukup sampai di situ saja, lebih detail lagi dikatakan pula bahwa mesin ini nantinya akan terlihat mirip dengan mesin konsep yang pernah diperkenalkan di salah satu ajang otomotif di Tokyo beberapa tahun lalu.

Namun, yang cukup disayangkan yaitu pada lembar paten itu tidak disebutkan secara detail dan rinci berapa perkiraan tenaga yang bisa dihasilkan. Tapi sepertinya, tulis visordown, ia bisa menyemburkan tenaga lebih dari 100 Tk, sangat besar untuk sekelas sepeda motor, layaknya mobil yang mendekati supercar.

Di sisi lain, tampaknya ini sekaligus membuktikan ucapan Presiden dan CEO Suzuki, Toshihiro Suzuki, akhir tahun lalu. Saat itu mereka mengatakan bahwa pengembangan turbo di sepeda motor adalah salah satu bagian dari rencana masa depan mereka. “Turbo adalah bagian dari rencana masa depan Suzuki, dan begitu juga sepeda listrik,” ujar Suzuki kala itu, kepada motorcyclenews.com.

Top