Mobil Murah Tak Lagi Murah, Pasar Terus Menurun

MPV Sejuta Umat yang Semakin Mahal dan Terdesak – MPV sejuta umat boleh jadi masih menjadi salah satu segmen gemuk dipasar mobil Indonesia saat ini. Namun seiring berjalannya waktu, mobil-mobil disegmen ini makin tak terjangkau dengan harga yang tak lagi murah, bahan mulai tersudutkan dengan adanya mobil murah (Low Cost Green Car) LCGC.

Pada saat pertama kali Toyota meluncurkan Avanza dan menjadi fenomena dulu dengan harga Rp 100-140 jutaan. Bahkan mobil ini dianggap pahlawan karena harga yang sangat terjangkau, Bahkan kondisi seken saat itu lebih mahal, karena versi barunya diantre oleh banyak orang. Kenaikan ini entah murni karena inflasi atau memang agen pemegang merek yang mencari untung besar, harga Low MPV melambung tinggi sekarang.

Paling murah mobil ini ada dikisaran Rp 180-190 jutaan. Kalau di rata-rata, Low MPV sudah menyentuh angka Rp 200 juta. Ya, bisa dikatakan model ini bukan lagi barang murah. Gantinya sudah ada dengan skema pemerintah menurunkan pajak untuk mobil-mobil ramah lingkungan dan hemat bahan bakar (KBH2/LCGC). Low MPV pun terdesak dengan pasar yang terus menurun.

“Memang kuenya makin kecil. LCGC makin besar. Coba lihat dari pertama kali launching, LCGC dulu cuma 3-5 persen, sekarang sudah 25 persen (market share). Sedikit banyak menggerogoti low MPV. Harga low MPV dulu rata-rata Rp 160 juta, sekarang sudah Rp 200 juta, ya wajar saja jika penjualan menurun,” ujar Makmur, Direktur Penjualan PT Suzuki Indomobil Sales, di Jakarta.

Dari data gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tanpak gamblang bedanya pada kuartal satu 2017. LCGC meraup 64.224 unit, naik sekitar 55 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Low MPV memang terjual lebih banyak pada kuartal satu 2017 yakni 71.986 unit. Tapi kenaikan tersebut tak sedrastis LCGC yakni cuma naik 14,2 persen saja. Pamor Low MPV yang dulu dikenal sebagai mobil dengan harga terjangkau kini bergeser ke LCGC. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, model-model Low MPV memang berbenah.

Top