Hasil ‘Siksa’ Blue Core Selama 30 Hari

Hasil Uji Ketahanan Blue Core – Setelah beberapa saat lalu Yamaha melakukan uji ketangguhan Yamaha Mio M3 Blue Core 125 selama 30 hari non stop kini hasilnya telah diketahui. Uji ketahanan skuter matik Yamaha terbaru yang dilakukan oleh Yamaha FSS DDS ini dilakukan dengan menghidupkan mesin motor dengan puntiran gas yang diset pada putaran mesin 4500 RPM atau setara dengan kecepatan 35/jam dengan beban tali sebesar 60 kg.

Hasil Uji Ketahanan Blue Core

 

Pada uji ketahanan 30 hari non stop tersebut diberikan pengisian sebanyak 4 kali dalam sehari dengan menggunakan bakan bakar Pertamax beroktan 92 dan telah menempuh jarak sekitar 25.000 km selama sebulan tersebut. Ngeri ya bro dan sis?

Ketika uji ketahanan tersebut telah usai, mesin motor dimatikan selama 8 jam terlebih dahulu. Dan setelah itu pembongkaran mesin selama 15 menit dilakukan oleh pihak Yamaha FSS DSS Jakarta. Mulai dari businya terlihat kepala busi memang sudah kotor dan memiliki cukup banyak kerak, namun masih bisa memercikan api dengan baik. Pada throtle bodynya terlihat masih bersi karena memiliki aliran udara yang lebih pendek dan cepat dari pada YMJet FI. Pada ruang bakarnya yang memiliki desain hemisphere atau setengah bola tidak bisa dipungkiri memang dengan uji ketahanan selama ini. Walaupun menggunakan Pertamax, terlihat kerak yang cukup banyak dihasilkan pada bagian ini dan kepala klep. Dan untuk bentuk klep serta dinding ruang bakar tidak ada perubahan yang berarti. Pada komponen Forged Piston yang di uji selama 30 hari nonstop hanya dipenuhi kerak hasil pembakaran yang tidak sempurna saja namun bentuk dan dinding silinder tidak mengalami perubahan. Hanya terdapat sedikit baret akibat gesekan anara piston dan dinding silinder. Untuk bentuk dari ruang silindernya sendiri masih sangat mulus tidak terlihat baret akibat gesekan piston. Itu dikarenakan material dari diAsil Silinder benar-benar teruji dan mempunyai daya tahan yang lama. Sedangkan untuk injectornya yang memiliki 4 lubang semprot, terlihat masih sangat bersih. Untuk komponen Pulley ini juga diukur dengan derajat kemiringan dan setelah dilakukan uji ketahanan, komponen ini masih sangat baik tidak ada perubahan sama sekali. Bahkan untuk komponen Belt CVT hanya mengalami perubahan komponen ini yang mengecil sebesar 0,1 mm. Perubahan komponen ini disebabkan oleh dimensi belt yang pendek sehingga akan meminimalisir perubahan material saat belt CVT ditarik ulur oleh komponen Pulley. Dan untuk komponen Rollernya hanya mengalami perubahan yang lebih kecil 0,1 mm dari ukuran standarnya.

Jadi kesimpulannya adalah Yamaha Mio M3 Blue Core 125 ini terbukti tangguh ‘durable’ pada semua komponen atau part mesin yang digunakan walau pengujian dilakukan dengan sangat kejam yaitu 30 hari nonstop. Baca juga Yamaha Siksa Blue Core Selama 30 Hari dan Yamaha Fino FI Sporty.

Top