Honda Brio dan Jazz Bakal Punya Varian Turbo?

Honda Siapkan Brio dan Jazz Turbo? – Honda Prospect Motor (HPM) sepertinya terus berusaha untuk memperkenalkan mobil yang dibekali dengan mesin turbo. Hal ini bisa dilihat dari langkah awal Honda menghadirkan Civic turbo dan CR-V  varian generasi paling anyar yang juga telah dilengkapi dengan fitur turbin. Lalu, bagaimana dengan nasib mobil Honda lain seperti Jazz, Brio, dan City yang lebih menyasar kalangan muda?

Honda Siapkan Brio Dan Jazz Turbo

HPM untuk saat ini masih membuka kesempatan bagi model baru yang dibekali dengan mesin turbo. Namun, sepertinya masih ada syarat yang dipertimbangkan. Yang paling utama tentu saja keuntungan dari terpotonganya Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnMB). Hal ini secara tersirat menggambarkan perangkat induksi itu hanya sesuai untuk menggantikan mesin yang memiliki kapasitas besar.

Sedangkan Civic yang dirilis pada tahun lalu diketahui menggendong mesin turbo berkapasitas 1.5L sebagai pengganti dari tipe sebelumnya, yakni 1.8L. Tahun ini, CR-V masih mengandalkan mesin yang sama, yakni 1.5L turbo untuk menggantikan model 2.4L.

Strategi Honda ini rupanya membuat Civic dan CR-V terkena tarif PPnBM yang jumlahnya lebih rendah dari sebelumnya. Penurunan tarif ini tampaknya mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 2013.

Direktur Pemasaran dan Purna Jual HPM, Jonfis Fandy mengatakan bahwa mesin turbo bakal menjadi tren masa depan yang keuntungannya tetap diperhatikan untuk konsumen. Civic dan CR-V sebagai contohnya menawarkan keuntungan dengan jumlah pajaknya yang menurun.

HPM  memberikan kompensasi turunnya beban pajak tersebut dengan menaikkan harga dari Civic dan CR-V teranyar. Masing-masing model hadir dengan penambahan fitur semakin meningkatkan daya kompetisinya.

Jonfis  juga memaparkan jika mesin 1.5 turbo yang punya Honda saat ini kurang memberikan keuntungan jika diaplikasikan pada model yang kapasitas mesinnya sama atau berada di bawahnya. Apa yang dikatakannya tersebut secara tidak langsung mengindikasikan bahwa Jazz, Brio, dan City kemungkinan tidak akan dibekali dengan mesin turbo.

Hal ini karena mesin dengan kapasitas sama yang dipasangi mesin turbo, harganya bisa naik jauh lebih tinggi sekitar 50 hingga 60 juta. Oleh karena itu, meskipun teknologinya ada namun HPM belum memiliki rencana untuk mengaplikasikannya ke semua model.

 

Top