Duel “Saudara” MPV 7 Penumpang

Persaingan Sengit antara Avanza dan Calya – Avanza dan Calya merupakan dua mobil yang lahir dengan membawa merek sama, yaitu Toyota. Keduanya pun rupanya hadir dengan konsep yang sama, yakni MPV dengan tujuh penumpang. Jika dilihat kedua model tersebut memang memiliki banyak persamaan, perbedaan yang cukup jelas mungkin bisa dilihat pada segmentasinya saja.

Persaingan Sengit Antara Avanza Dan Calya

Calya hadir dengan mengusung konsep Multi Purpose Vehicle (MPV) murah yang di pasaran justru bersaing dengan segmen Low Cost Green Car (LCGC) atau mobil murah ramah lingkungan. Meskipun mobil ini dilepas ke pasaran dengan harga yang lebih terjangkau, namun tampaknya hal itu belum mampu menggulingkan dominasi Avanza dalam hal penjualan.

Executive General Manager Vehicle Sales Operation Sub Directorate Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto mengungkapkan bahwa untuk sektor MPV, Honda saat ini masih didominasi oleh Avanza yang notabene hadir dengan konsep 7-seater. Model ini diketahui mampu mencatatkan jumlah penjualan sebesar 8.000 hingga 9.000 untuk setiap bulannya.

Di sisi lain, saudaranya dari Toyota yang sama-sama hadir dengan tujuh penumpang, Calya ternyata membuktikan perkiraan Toyota yang selama ini menganggap dirinya bisa menggantikan posisi Avanza belum tepat. Pasalnya, penjualan Calya sendiri hanya sekitar 6.000 hingga 7.000 untuk setiap bulannya. Dengan jumlah penjualan tersebut, Calya memang tampaknya harus puas untuk bertengger di posisi dua di bawah Avanza.

Meski saat ini belum bisa menaklukan keperkasaan dari Avanza, namun Calya tetap menjadi model yang cukup fenomenal bagi Toyota. Hal ini bisa dilihat dari hasil penjualannya sendiri. Mobil yang menjadi rival dari Datsun Go+ Panca ini terbukti langsung melesat penjualannya bahkan sejak mobil ini baru pertama kali dirilis pada tahun lalu.

Dalam beberapa bulan di awal penjualannya saja, Calya sempat mencicipi manisnya kesuksesan dengan menempati posisi nomor satu. Soerjo sendiri berpendapat jika hal ini terjadi karena pasokan Avanza pada waktu itu memang sedang dikurangi. Meski Toyota sudah memakai strategi seperti itu untuk memasarkan Calya, namun Avanza tetap kembali menjadi primadona untuk MPV Honda.

Top