Catat! Tahun 2017 Ini, Pertamina Siap Luncurkan Pertamax Turbo & Dex ‘Euro4’

Tahun 2017, Pertamina Luncurkan Pertamax Turbo dan Dex Euro 4 – Memang, belum lama ini diketahui bahwa pemerintah telah menetapkan penerapan standar emisi Euro 4. Penerapan tersebut kabarnya akan dimulai pada bulan September 2018 yang ditujukan untuk kendaraan bermesin bensin dan diesel pada 2021. Nah, guna menunjang penerapan program ini maka salah satu dari penerapan komponen ini adalah ketersediaan bahan bakar.

PT Pertamina yang merupakan perusahaan BUMN dengan tanggung jawabnya dalam hal pengadaan bahan bakar, kembali menegaskan kesiapannya untuk menyediakan bahan bakar dengan kualitas sertifikasi Euro4. Bahkan, pada akhir 2017 tahun ini, Pertamina pun dikabarkan akan memasarkan Pertamax Turbo dan Dex yang sudah memenuhi dua poin Euro 4 dan sesuai ketentuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Terkait hal tersebut, belum lama ini Vice President Retail Fuel Marketing Pertamina yang dikomando oleh Afandi Anwar mengatakan bahwa berdasarkan ketentuan dari KLHK ada dua poin yang wajib dan segera dipenuhi dalam BBM Euro4, yakni kadar research octane number (RON) dan sulfur contain.

“Kami masih punya waktu 1,5 tahun untuk gasoline Euro4 dengan hanya dua item poin yang menjadi concern, yaitu octane number dan sulfur contain. Octan number minimal 91 dan sulfur contain maksimal 50 ppm,” terang Afandi, di Jakarta, kemarin.

Namun, menurut Afandi, sebenarnya masih ada beberapa persyaratan lain yang juga harus dipenuhi untuk menunjang BBM Euro4, tetapi membutuhkan waktu yang tak singkat dalam penyediannya. Dalam hal ini, kilang Pertamina diketahui akan siap memasok BBM berspesifikasi penuh Euro 4 pada tahun 2023-2025. Namun, hanya saja untuk menyediakan bahan bakar yang sudah berstandar Euro4 yang sudah memenuhi aturan dari KLHK, pihaknya tidak akan menunggu sampai September 2018 atau 2021. Akan tetapi, Pertamina justru menegaskan bahwa pihaknya akan meluncurkan Pertamax Turbo dan Dex yang sudah memenuhi dua syarat tersebut dalam beberapa waktu dekat ini.

“Beberapa varian itu akan kami coba dengan BBM yang memenuhi Euro4, Turbo dan Dex. Kami usahakan akhir tahun ini sudah ada,” imbuhnya.

Di sisi lain, Afandi pun juga menegaskan bahwa pihaknya pun juga tidak akan menambah varian BBM baru untuk memenuhi permintaan Euro 4. Tentu saja pernyataan tersebut merupakan hal yang jelas dan sudah berdasarkan persyaratan KLHK, octan number BBM yang minimal harus 91. Oleh sebab itu maka BBM Premium tidak akan bisa memenuhinya.

Top